Mercedes Diprediksi Belum Bisa Bangkit di GP Australia 2022

Mercedes Diprediksi Belum Bisa Bangkit di GP Australia 2022

FOTO dari drone yang memperlihatkan proses pengaspalan baru di sirkuit Albert Park, Melbourne.--

DI dua seri balapan, Mercedes belum mampu bicara banyak. Mereka masih perlu waktu untuk mengatasi masalah pada mobilnya.

Beberapa orang sangsi, Mercedes bisa bangkit di seri ketiga. Di GP Australia yang digelar di Sirkuit Albert Park, Melbourne.

Pengamat F1 Azrul Ananda belum yakin Mercedes bisa bangkit. ”Saya fifty-fifty soal peluang Mercedes bounce back di Australia.Saya melihat agak sulit. Mungkin baru bisa bounce back di seri Eropa nanti,” ucap Azrul yang disampaikan dalam podcast di channel YouTube-nya, Mainbalap.

Menurut Azrul, Mercedes rasanya masih butuh waktu untuk membenahi masalah di mobilnya. Termasuk mendatangkan komponen-komponen besar yang baru.

”Tapi, ini Mercedes tim besar, siapa tahu mereka bisa membawa itu ke Melbourne,” jelasnya.

Azrul menyebutkan, jika dalam situasi normal, tidak mengalami porpoising, mobil Mercedes bisa jadi yang tercepat. Termasuk di tikungan. Tapi, sejauh ini Mercedes sepertinya belum bisa menyelesaikan masalah itu.

Ferrari mungkin tetap akan mendominasi di Sirkuit Albert Park. Menurut Azrul, hal itu bisa terjadi karena pesaing lainnya, Red Bull, juga masih mengalami masalah setting-an pada mobilnya. Salah satunya masalah pada overweight.

”Sehingga kalau di sirkuit jalanan, khususnya yang meliuk-liuk, khususnya di tikungan lambat, itu rasanya masih jadi kendala bagi Red Bull,” ungkapnya.

Formula 1 akhirnya memang kembali ke Australia. Sirkuit Albert Park telah mengalami perombakan sejak kali terakhir digunakan Formula 1 pada musim 2019.

Lintasan Albert Park sendiri tidak berubah sejak balapan pertama digelar pada 1996.

Seiring perkembangan mobil F1, Australian Grand Prix Corporation (AGPC) merombak tata letak Albert Park. Ada perubahan tata letak untuk menyediakan kesempatan menyalip, permukaan lintasan baru, serta pit lane yang lebih besar dan lebih baik.(*)

Beberapa Perubahan di Albert Park

- Tikungan 1: Diperlebar 2,5 meter ke sisi kanan pembalap. 

- Tikungan 3: Diperlebar 4 meter. Menyediakan lebih banyak racing line. 

Sumber: harian disway