Polisi Bern Bocorkan Hasil Penyelidikan Insiden Kakek 59 Tahun Tenggelam di Sungai Aare: Tidak Dapat...

Polisi Bern Bocorkan Hasil Penyelidikan Insiden Kakek 59 Tahun Tenggelam di Sungai Aare: Tidak Dapat...

Polisi Bern Bocorkan Hasil Penyelidikan Penyebab Kakek 59 Tahun Tenggelam di Sungai Aare--Bern.com

Hal itu diungkapkan oleh Duta Besar Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad saat proses pencarian Eril sedang dilakukan beberapa waktu yang lalu

"Insiden serupa (saat ini, red) kira-kira terjadi antara 15-20 kasus setiap tahun," kata Muliaman dalam konferensi pers yang disiarkan online, Sabtu, 28 Mei 2022.

BACA JUGA:Rusia 'Menggila'! Wilayah Ukraina Habis Dibombardir, Banyak Jenderal yang Tewas

Meski banyak kasus terseret arus, Sungai Aare tetap menjadi pilihan warga yang ingin berenang

Namun, untuk mengantisipasi kejadian serupa, pemerintah daerah sebenarnya telah melakukan banyak hal. Misalnya, memasang rambu-rambu atau menyajikan informasi di situs-situs milik pemerintah daerah.

"Berapa suhunya, kita tidak perlu datang karena pemerintah sudah menyampaikan data dan informasi yang lengkap. Termasuk perkiraan arus yang rata-rata 180-220 m3/detik," katanya.

KBRI Bern dan juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku memberikan perhatian khusus terhadap keselamatan yang ada di Sungai Aare.

BACA JUGA:Wanita Thailand Ungkap Penyebab Dirinya Nyaris Tenggelam di Sungai Aare, Ternyata...

Muliaman menyebut sekiranya harus ada perbaikan yang dilakukan pemerintah Swiss agar keselamatan di Sungai Aare lebih terjaga dengan baik.

Disebut juga bahwa dengan keamanan yang meningkat, pengunjung di Sungai Aare pasti juga akan bertambah seiring berjalannya waktu.

"Sebetulnya sejak tahun 2019, kampanye oleh pemerintah lokal terhadap keselamatan berenang di Sungai Aare itu sudah dicanangkan dengan tema yang disebut 'Aare You Safe'," kata Muliaman saat menggelar konferensi pers pada Senin, 6 Juni 2022.

"Artinya apakah Anda merasa aman saat berenang di Sungai Aare. Program ini dicanangkan sejak tahun 2019, salah satunya dengan memberikan tanda-tanda atau signal, kemudian juga indikator dalam bentuk digital mengenai suhu udara, suhu air, kemudian juga signal-signal yang lain di sungai kapan harus keluar dari sungai, maka zona nyaman, mana zona bahaya, dan lain sebagainya," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: