Ini Dia Sebelum Ustaz Adi Hidayat yang Sebut Nama Asli Pattimura Adalah Ahmad Lussy

Ini Dia Sebelum Ustaz Adi Hidayat yang Sebut Nama Asli Pattimura Adalah Ahmad Lussy

Ustadz Adi Hidayat membahas mengenai Kapitan Pattimura.-Ist/Kolase-radarmajalengka.com

“Siapa Ahmad Lussy itu, beliau adalah pejuang, beliau adalah seorang Kyai, beliau adalah seorang pemimpin pesantren. Beliau mengarahkan anak-anak santrinya untuk berjuang menegakkan kebenaran di Bumi Pertiwi ini,” tambah Ustaz Adi Hidayat

“Makanya Ahmad Lussy tiba-tiba berubah menjadi Thomas, Saya mau katakana bahwa kalau dikatakan dengan Thomas, bahwa orang tidak akan ingin bahwa orang ini dekat dengan Allah SWT,” ungkapnya.

Ustaz Adi Hidayat mempertanyakan siapa yang telah mengganti nama asli Kapitan Pattimura menjadi Thomas Matulessy.

BACA JUGA:Luar Biasa Dahsyatnya Pahala Puasa Arafah dan Berkurban di Idul Adha

Ia tak setuju, lantaran ini menyangkut sejarah seorang pejuang yang sejatinya beragama Islam dan seorang Muslim di bumi pertiwi ini.

Ustaz Adi Hidayat pun menjelaskan, perubahan nama menjadi Thomas mempengaruhi mindset seseorang bahwa sejatinya Kapiten Pattimura adalah sosok yang dikenal dekat dengan Allah SWT.

Tak berhenti sampai di situ, Ustaz Adi Hidayat juga memberi contoh beberapa sosok penting dalam agama Islam seperti Ibnu Sina yang katanya diubah nama menjadi Avicenna.

BACA JUGA:Allahu Akbar! Pergi Haji, WN Inggris Jalan Kaki Selama 11 Bulan

Seorang cendekiwan muslim, Ayang Utriza membantah klaim ustaz Adi Hidayat yang mengklaim nama asli Kapitan Pattimura adalah Ahmad Lussy.

Ia merujuk buku soal Pattimura yang ditulis J.B.J. Van Doren, terbit 1857 di Amsterdam dengan judul “Thomas Matulesia”.

“Di dalam buku ini (h. 106), disebutkan bahwa Pattimura adalah seorang Kristen PROTESTAN yg sangat taat yang di tangannya selalu ada INJIL untuk menggelorakan masyarakat desa dalam melawan BELANDA,” katanya melalui akun @Ayang_Utriza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: