Yakin Mau Skip Sarapan? Ini 5 Dampak Buruk Menghantui Tubuh Jika Kamu Melewatkan

Yakin Mau Skip Sarapan? Ini 5 Dampak Buruk Menghantui Tubuh Jika Kamu Melewatkan

Ilustrasi sarapan-Bernadette Wurzinger-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID-- Banyak orang melewatkan sarapan di pagi hari dengan berbagai alasan. Mayoritas, orang melewatkan sarapan karena kesibukan dan tidak punya cukup waktu karena harus buru-buru beraktivitas.

Padahal, sarapan memiliki banyak manfaat serta tidak memerlukan waktu yang lama, kok! Menurut National Health Service, sarapan itu baik untuk kesehatan, karena dapat mengurangi risiko obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga diabetes. 

Merangkum dari berbagai sumber, kebiasaan melewatkan waktu sarapan bisa memberi pengaruh buruk bagi tubuh. Berikut 5 di antaranya, dampak buruk yang menghantui tubuh jika kamu memilih untuk melewatkannya. 

BACA JUGA:Temukan Uang Penumpang, Sopir Taksi Online Diduga Gunakan Rp 10 Juta untuk Foya-foya

1. Perubahan Berat Badan

Salah satu dampak buruk melewatkan sarapan adalah bisa memicu kenaikan berat badan. Khususnya para cewek, pasti kamu gak mau hal ini terjadi, kan? Orang yang tidak sarapan cenderung merasa lapar yang berlebih hingga tak terkendali di siang hari.

Semakin tinggi rasa lapar, akan membuat seseorang mengonsumsi jumlah makanan lebih banyak, yang tentu saja berpengaruh pada perubahan berat badan. Selain itu, melewatkan sarapan juga menyebabkan kamu lebih mudah merasa lelah sepanjang menjalankan aktivitas di pagi hari.  

2. Hormon Stres Meningkat

Tahukah kamu jika melewatkan sarapan bisa membuat hormon stres jadi meningkat? Hormon stres utama, yaitu kortisol berada dalam tingkat tertinggi pada jam 7 pagi. Hormon ini bertugas untuk membantu tubuh mengolah gula dan lemak yang diubah menjadi energi. 

Nah, jika kamu melewatkan sarapan, kadar kortisol akan terus meningkat, sehingga membuatmu lebih mudah cemas dan gelisah. Dengan sarapan, kamu bisa menyeimbangkan kadar hormon ini kembali normal.

BACA JUGA:Nathalie Holscher Mantap Bercerai, Sudah Buat Kesepakatan dengan Sule, Apa Isinya?

3. Mudah Lupa

Penelitian University of Leeds United Kingdom menunjukkan beberapa akibat yang terjadi pada anak jika melewatkan sarapan, yakni:

- Lebih cepat lelah saat di sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: