7 Faktor Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Muda, Apa Saja?

7 Faktor Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Muda, Apa Saja?

Setres menjadi salah satu faktor penyebab tumbuhnya uban di usia muda-ilustrasi-halodoc

3. Penyakit autoimun

Penyebab uban di usia muda selanjutnya yaitu karena penyakit autoimun. Autoimun adalah gangguan kesehatan ketika sistem kekebalan tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya untuk melawan virus, bakteri, dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam kasus ini, penyakit autoimun alopecia dan vitiligo membuat sistem kekebalan tubuh dapat menyerang rambut sehingga menyebabkan hilangnya pigmen yang berfungsi untuk memberikan warna rambut.

4. Kurang asupan vitamin B-12

Vitamin B-12 memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti membantu pembentukan sel darah merah, mengoptimalkan fungsi saraf, menghasilkan energi, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Kekurangan vitamin B-12 dapat menyebabkan tubuh mengalami anemia pernisiosa yang menghambat produksi sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke sel rambut.

Ketika asupan oksigen ke rambut berkurang, ini dapat melemahkan sel rambut dan mengurangi produksi melanin yang menjadi penyebab munculnya uban.

5. Efek dari produk perawatan rambut

Melansir Medical News Today, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak sesuai seperti sampo, pewarna rambut, dan produk lainnya ternyata dapat memicu pertumbuhan uban lebih dini.

Pasalnya, beberapa produk perawatan rambut mengandung bahan kimia hidrogen peroksida yang dapat mengurangi produksi melanin apabila digunakan secara berlebihan.

BACA JUGA:Dinkes Kota Serang Waspadai Lonjakan Covid-19

6. Kebiasaan merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Zat berbahaya yang terkandung dalam rokok seperti nikotin, dapat memicu timbulnya berbagai macam jenis penyakit di dalam tubuh.

Tidak hanya penyakit jantung atau kanker saja, gaya hidup tidak sehat ini juga bisa memicu tumbuhnya uban sebelum usia 30.

7. Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: