Ada Hari Pembawa Sial di Bulan Muharram? Ini Penjelasan Buya Yahya

Ada Hari Pembawa Sial di Bulan Muharram? Ini Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya --Tangkapan layar/YouTube Al-Bahjah TV

JAKARTA, DISWAY.ID- Banyak masyarakat Indonesia yang masih mempercayai adanya hari sial.

Setelah memasuki 1 Muharram yang jatuh pada Minggu 31 Juli 2022, banyak anggapan bahwa tidak semua hari di bulan Muharram itu baik, ada juga hari yang dianggap jelek di bulan Muharram atau Asyura yang bisa membawa kesialan.  

Ulama terkenal di Cirebon, Yahya Zainul Ma'arif alias Buya Yahya tak menampik adanya fenomena tersebut.

 "Memang enggak tahu, di negeri memang banyak hari sial," kata Buya Yahya di acara tanya jawab pada channel Al-Bahjah TV di YouTube, yang dikutip Minggu 31 Juli 2022.

BACA JUGA:Buya Yahya Memperjelas Cara Bagikan Daging Kurban yang Benar saat Idul Adha: Kami Imbau...

 Padahal lanjut Buya Yahya, Allah menciptakan semua hari adalah hari baik. "Hari jelek itu hanya satu, waktu Anda bermaksiat dan melanggar ketentuan Allah," tegasnya.

 Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon itu juga tak menepis ada yang beranggapan Muharram atau Asyura adalah bulan petaka.

BACA JUGA:Keagungan Bulan Zulhijah, Buya Yahya: Pahala Kebaikannya Melebihi Jihad dan Pergi Haji

 "Padahal kebalikannya, Muharram itu bulan yang berkah," kata Buya Yahya.  Hal ini sesuai hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan Imam Bukhari:

 "Sesungguhnya waktu telah berputar sebagaimana mestinya, hal itu ditetapkan pada hari Allah menciptakan langit dan bumi. Dalam setahun ada 12 bulan, di antaranya ada empat bulan yang mulia. Tiga darinya berturut-turut, yaitu Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab yang biasa diagungkan Bani Mudlar yaitu antara Jumadil tsani dan Syaban," seperti dikutip dari jpnn.com.

 "Biar pun di hari Jumat, biar pun di bulan Ramadan, jika kita mengerjakan kemaksiatan di hari itu, itulah hari jelek," pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: