5 Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari, Simak Cara Mengatasinya

5 Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari, Simak Cara Mengatasinya

Ilustrasi asam lambung kumat-pixabay-https://jambiindependent.disway.id/

5. Mengonsumsi makanan pemicu asam lambung

Mengonsumsi makanan pedas, asam, berminyak, berlemak, atau mengandung kafein dapat memicu peningkatan asam lambung serta melemahkan katup lambung.

BACA JUGA:Update Profil Irjen Fadil Imran Terbaru di Wikipedia, Nyoman Ngaku Cuma Iseng?

Selain itu, mengonsumsi cokelat, bawang bombay, bawang putih, serta mint sebelum tidur juga dapat menjadi penyebab asam lambung naik di malam hari.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik di Malam Hari

Guna mencegah dan mengatasi penyebab asam lambung naik di malam hari, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

1. Berbaring miring ke kiri

Penelitian menunjukkan bahwa berbaring miring ke kiri merupakan posisi tidur terbaik bagi penderita asam lambung. Sebaliknya, tidur telentang dapat meningkatkan risiko terkena asam lambung.

BACA JUGA:Kuak Masa Kecil Brigadir J, Kaluarga: Dari Kecil Hingga Meninggal Pakai Baju Putih

2. Meninggikan posisi tubuh saat tidur

Anda juga dapat menaruh bantal di bawah kepala hingga punggung untuk mengatasi asam lambung naik di malam hari. Dengan demikian, posisi kepala dan dada menjadi lebih tinggi daripada perut sehingga asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Namun, hindari hanya meninggikan bagian kepala. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari sakit kepala atau sakit leher karena tidur dalam posisi yang tidak tepat.

3. Tidak langsung tidur setelah makan

Makan malam, terutama jika porsinya besar, sebaiknya dilakukan 3 jam sebelum tidur agar tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan.

Untuk mencegah asam lambung naik, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering. Selain itu, kunyahlah makanan secara perlahan agar makanan menjadi lebih lembut dan dapat dicerna dengan lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: