Dua Menit Berjalan Kaki Setelah Makan Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah? Begini Penjelasan Ahli

Dua Menit Berjalan Kaki Setelah Makan Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah? Begini Penjelasan Ahli

Jalan Kaki Bantu Kurnagi Kadar Gula Darah-igorovsyannykov-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Berjalan kaki setelah makan disebut dapat membantu menjernihkan pikiran dan membantu pencernaan yang ada di dalam tubuh.

Para ilmuwan juga menemukan fakta bahwa berjalan kaki selama 15 menit setelah makan dapat mengurangi kadar gula darah, yang dapat membantu mencegah komplikasi seperti diabetes tipe 2.

Akan tetapi ternyata, jika melakukan aktivitas seperti berjalan kaki selama beberapa menit saja sudah bisa mengaktifkan manfaat tersebut.

BACA JUGA:Mau Nonton Langsung FIFA World Cup Qatar 2022 Gratis dari Hyundai? Begini Caranya

BACA JUGA:Kuasa Hukum Yakin Ferdy Sambo Berupaya Melindungi Kehormatan Keluarganya: Dia Bertanggung Jawab..

Dalam sebuah meta-analisis, yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine, para peneliti melihat hasil dari tujuh penelitian yang membandingkan efek duduk versus berdiri atau berjalan pada ukuran kesehatan jantung, termasuk insulin dan kadar gula darah.

Mereka menemukan bahwa berjalan ringan setelah makan, sedikitnya dua sampai lima menit, memiliki dampak yang signifikan dalam memoderasi kadar gula darah.

"Setiap hal kecil yang Anda lakukan akan memiliki manfaat, bahkan jika itu adalah langkah kecil,” kata Dr. Kershaw Patel, ahli jantung pencegahan di Rumah Sakit Metodis Houston, dikutip Disway.id dari laman The New York Times pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Dalam lima studi yang dievaluasi oleh makalah tersebut, tidak ada peserta yang memiliki pra-diabetes atau diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Pasta Gigi untuk Atasi Gigi Berlubang, Simak Ciri-cirinya

BACA JUGA:Ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat: Terima Kasih Buat Pak Presiden dan Pak Listyo Sigit

Dua studi yang tersisa mengamati orang-orang dengan dan tanpa penyakit seperti itu.

Peserta diminta untuk berdiri atau berjalan selama dua sampai lima menit setiap 20 sampai 30 menit selama sehari penuh.

Keseluruhan dari tujuh penelitian menunjukkan bahwa hanya beberapa menit berjalan dengan intensitas ringan setelah makan sudah cukup untuk meningkatkan kadar gula darah secara signifikan dibandingkan dengan, katakanlah, duduk di meja atau berbaring di sofa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: