Ini 5 Tips Cegah Asam Urat untuk Lansia, Simak juga Penyebabnya

Ini 5 Tips Cegah Asam Urat untuk Lansia, Simak juga Penyebabnya

Tanaman Herbal yang Ampuh Redakan Asam Urat--Freepik/jcomp

Sebaliknya, dengan mengurangi berat badan secara bertahap dalam jangka waktu yang lebih panjang, ini dapat menjadi cara efektif untuk menurunkan risiko asam urat.

BACA JUGA:KPK Lelang Barang Rampasan Milik Koruptor, Mulai dari Emas Hingga Tas Louis Vuitton, Ada yang Mau Ikut?

4. Tingkatkan Konsumsi Air Putih

Asam urat pada lansia dapat dicegah dengan memperbanyak konsumsi air putih per hari. Dengan catatan, tidak ada batasan konsumsi air putih dari dokter karena kondisi medis, misal penyakit ginjal.

Menjaga asupan cairan hairan akan menjaga ginjal tetap sehat dan membantu ginjal membuang asam urat dari tubuh. Rekomendasi konsumsi cairan per hari akan bergantung pada usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya.

5. Tangani Sleep Apnea

Menangani sleep apnea dapat menjadi salah satu cara mencegah penyakit asam urat pada lansia. Walau masih butuh penelitian lebih lanjut, beberapa bukti mengungkap bahwa mengobati sleep apnea dapat memengaruhi frekuensi serangan asam urat.

BACA JUGA:Kronologi Pegawai Alfamart vs Ibu Bermercy Pencuri Cokelat hingga Terancam UU ITE, Hotman Paris: 'Lawan!'

Sleep apnea merupakan suatu gangguan tidur yang menyebabkan seseorang berhenti dan kembali bernapas berulang kali dalam semalam. Penanganan sleep apnea biasanya menggunakan mesin CPAP, untuk meningkatkan konsumsi oksigen sembari tidur.

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Urat

Dilansir dari alodokter, penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi. 

Kondisi ini bisa terjadi akibat tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau fungsi ginjal dalam membuang asam urat tidak bekerja dengan baik, sehingga membuat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi.

Penyakit asam urat umumnya ditandai dengan munculnya rasa nyeri yang terjadi secara tiba-tiba dan bertahan selama beberapa waktu. 

Sendi yang nyeri juga kerap mengalami kemerahan, bengkak, dan terasa panas. Bagian yang paling sering terdampak oleh asam urat adalah kaki.

Gejala-gejala tersebut biasanya hanya terjadi pada satu sendi, tetapi juga bisa terjadi pada beberapa sendi di saat yang bersamaan, misalnya di sendi dan jari-jari tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: