Daftar Makanan dan Minuman Mengandung Purin Tinggi, Bahaya Buat Penderita Asam Urat

Daftar Makanan dan Minuman Mengandung Purin Tinggi, Bahaya Buat Penderita Asam Urat

Menu makanan zona pedas dan gurih-el Hotel Yogyakarta Malioboro-

MAKANAN dan minuman yang pas bagi tubuh akan menambah vitalitas dan terjaganya kesehatan. Namun sebaliknya, apabila tidak sesuai dengan kondisi tubuh, maka akan menyebabkan berbagai penyakit.

Meski enak dan menggunggah selera, makanan perlu diperhatikan kandungannya.

Misalnya, kandungan protein dan gizi harus seimbang agar tetap terjaga kesehatannya.

Sebab, akan berdampak negatif apabila kandungan di dalammnya berlebihan bagi tubuh. 

BACA JUGA:Rafael Alun Ditetapkan Sebagai Tersangka TPPU, KPK : Diduga Kuat Harta Miliknya Bersumber dari Korupsi   

Tim Promkes RSST, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, mengungkapkan, di antara banyak makanan yang menggunggah selera. Namun rupanya, mengandung purin tinggi yang berbahaya bagi tubuh lantaran meningkatnya asam urat.

Makanan olahan dengan bahan jeroan, kerang, kepiting dan ikan teri, merupakan contoh makanan yang lezat dan menggugah selera.

Namun siapa sangka makanan yang banyak mengandung protein tinggi dan mengandung kadar purin yang tinggi ini justru tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi makanan tinggi purin akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah, yang merupakan predisposisi terjadinya gout arthritis.

Gout atau sering disebut dengan asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih.

Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat.

BACA JUGA:Busnya Terguling di Guci, Bos Duta Wisata Sentil Sikap Rian Mahendra Soal Kronologi Kecelakaan

"Asam urat merupakan hasil metabolism akhir dari purin yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat dalam inti sel tubuh," tulis tim Promkes RSST dikutip dari laman Kemenkes.

Menurut WHO, asam urat adalah bagian dari metabolisme purin, namun apabila tidak berlangsung secara normal, maka akan terjadi sebuah proses penumpukan kristal dari asam urat pada persendian yang bisa mengakibatkan rasa sakit yang cukup tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: