Makna Baju Adat Dolamani Buton yang Dikenakan Jokowi saat Upacara HUT RI di Istana Merdeka

Makna Baju Adat Dolamani Buton yang Dikenakan Jokowi saat Upacara HUT RI di Istana Merdeka

Makna Baju Adat Dolamani yang Dikenakan Jokowi --Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat daerah di setiap acara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Dalam HUT RI ke-77 ini, baju adat yang dipakai Presiden Jokowi adalah baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Baju Buton tersebut terlihat seperti kemeja putih tanpa kerah pada bagian dalamnya dan bagian luarnya terdapat beskap berwarna merah.

Jokowi juga menggunakan celana panjang berwarna sama dengan beskap. 

BACA JUGA:Masa Jabatan Tinggal 2 Bulan, Anies : Posisi Gubernur DKI Jakarta Akan Selalu Ada

Dilansir dari PMJ NEWS, adapun motif bunga rongo yang menghiasi baju tersebut mempunyai makna atau menggambarkan bagaimana seorang pemimpin meraih posisinya dari bawah, naik jadi pemimpin, lalu akan turun kembali jadi rakyat biasa.

Sedangkan ornamen tumbuhan setempat yang dikenal manis namun dapat memicu gatal di mana maknanya adalah bahwa pemimpin harus waspada terhadap bahaya.

Sementara Ibu Negara Iriana Jokowi juga terlihat menggunakan pakaian baju adat dari Buton, Sulawesi Tenggara di mana terlihat baju atasan serta bawahannya berwarna biru cerah dengan ornament berwarna emas yang menghiasi permukaan baju. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga terlihat mengenakan pakaian adat saat menghadiri sidang tahunan MPR 2022.

BACA JUGA:Pengacara Brigadir J Bongkar Harta Ferdy Sambo, Pemasukan Bulanan Diduga Ikut Bocor: Uang Dari Mana?

Presiden Jokowi kenakan pakaian adat Paksian asal Bangka Belitung.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi jug mengungkapkan filosofi pakaian adat yang ia kenakan itu.

Baju adat yang saya pakai ini baju paksian asalnya dari provinsi Bangka Belitung dengan motif pucuk rebung melambangkan kerukunan. Warna hijau dipilih Filosofinya kesejukan, harapan, dan pertumbuhan," ucap Jokowi dilansir Disway.id dari akun Twitter @jokowi pada Selasa  16 Agustus 2022.

Tak hanya pakaian Presiden Jokowi yang mencuri perhatian, Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga terlihat mengenakan kebaya modern warna merah muda dengan kerudung dengan warna senada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: