Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur Berbahaya? Pakar Neurologi Ungkap Faktanya

Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur Berbahaya? Pakar Neurologi Ungkap Faktanya

Pakar Neurologi Ungkap Fakta Bahaya Makanan Manis-Tim Samuel-Pexels

2. Dapat Mempengaruhi Kualitas Tidur

Meskipun banyak orang berpikir bahwa makan gula sebelum tidur membuat Anda tetap terjaga dan menyebabkan hiperaktif, ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa ini benar.

Konon, gula rafinasi meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, yang dapat menyebabkan perasaan terburu-buru energi dan membuat sulit untuk tertidur, kata Peters.

BACA JUGA:Pekan ke-7, Persib Bandung Kebobolan 18 Gol, Achmad Jufriyanto: Apa yang Terjadi dalam Tim?

BACA JUGA:Butuh Gelandang Baru, Liverpool Kirim 20 Juta Pounds ke Aston Villa untuk Rekrut Pemain Brasil Ini

"Makan banyak gula sebelum tidur dapat menyebabkan Anda mendapatkan tidur yang lebih ringan, kurang restoratif dengan lebih banyak gairah," kata Peters. Gairah adalah kebangkitan atau transisi dari tidur nyenyak ke tidur yang lebih ringan. Gairah yang sering dapat merusak kualitas tidur dan dapat dikaitkan kembali dengan gangguan pernapasan.

Sementara penelitian tentang makan manisan sebelum tidur masih sedikit, yang kita tahu pasti adalah bahwa secara umum, makan terlalu banyak mempengaruhi tidur. Diet tinggi gula telah dikaitkan dengan kualitas dan durasi tidur yang buruk, menurut penelitian Agustus 2019 di American Journal of Lifestyle Medicine.

3. Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik

Sekali lagi, ada penelitian terbatas tentang bagaimana makan gula sebelum tidur mempengaruhi berat badan Anda. Tapi kita tahu bahwa kelebihan gula akan disimpan dalam sel-sel lemak, menurut Klinik Cleveland.

BACA JUGA:Jokowi Resmikan Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe Jayapura

BACA JUGA:10 Orang Tewas Dalam Kecelakaan Truk Tabrak Tiang, Jasaraharja Segera Cairkan Uang Bantuan

Kami juga tahu saat Anda terjaga, tubuh Anda mungkin dapat menggunakan gula itu untuk energi. Tetapi di malam hari ketika Anda tidak melakukan aktivitas fisik, terlalu banyak gula bisa menjadi masalah.

"Ketika kita makan gula sebelum tidur, kita tidak memetabolisme gula dengan benar dan itu menjadi peradangan," kata ahli diet terdaftar Dana Ellis Hunnes PhD, RD. "Pada malam hari ketika kita tidur, kita tidak membakar gula itu, jadi itu lebih cenderung mengarah pada penyimpanan lemak dan penambahan berat badan."

Makan makanan manis di pagi hari memberi Anda kesempatan untuk memetabolisme gula sehingga digunakan untuk energi daripada disimpan sebagai lemak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: