Pengamat: Hambatan Terjal Menanti jika Demokrat, PKS dan NasDem Usung Anies - AHY

Pengamat: Hambatan Terjal Menanti jika Demokrat, PKS dan NasDem Usung Anies - AHY

Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono-Kolase -disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID- Jika koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasional Demokrasi (Nasdem) dan Demokrat mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Calon Wakil Presiden dinilai akan mendapat banyak hambatan.

Pengamat Politik, Ujang Komarudin mengatakan hal tersebut terjadi lantaran latar belakang AHY dan Demokrat yang berada di luar pemerintahan.

"Kalau dengan Anies-AHY pasti akan dikerjain juga. Karena mereka berada di luar pemerintah," katanya kepada Wartawan disway.id, Sabtu 1 Oktober 2022.

BACA JUGA:Perintah Tegas Ketum PP ke Kader Jika Anies Baswedan Capres 2024

BACA JUGA:AHY 'Turun Gunung' Lukas Enembe Diobok-obok KPK

Dijelaskannya, salah satu contoh hambatan yang terjadi saat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 yang lalu.

Kala itu, AHY mencalonkan diri menjadi Gubernur berpasangan dengan Sylviana Murni. Muncul isu terkait dugaan korupsi yang dilakukan Sylvi dan saat diungkap tidak ada kebenarannya.

"Seperti waktu itu Pilkada Gubernur DKI, AHY dan Sylviana Murni kan dikerjain. Dikasuskan dengan diduga korupsi lah, untuk menjatuhkan agar tidak menang. Faktanya tidak korupsi," jelasnya.

Diungkapkannya, jika Anies dan AHY tetap dipasangkan maka hambatan yang dialami akan cukup besar.

"Kalau pasangan Anies dan AHY pasti instrument hukum akan dimainkan, kemarin Pak Anies sudah dipanggil, kalau dengan AHY lebih parah lagi," ungkapnya.

BACA JUGA:AHY Sampaikan 7 Sikap Tegas Demokrat Terkait Kasus Lukas Enembe: 'Dukung Upaya Pemberantasan Korupsi'

Diberitakan sebelumnya, Partai Demokrat menyebut mempertimbangkan untuk mencalonkan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden dengan Ketua Umum(Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Calon Wakil Presiden.

Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan mendapat informasi dari lembaga survei jika Anies dan AHY dipasangkan menjadi hasil tertinggi.

"Kami mendapat banyak informasi lembaga-lembaga survei yang bicara kalau Anies-AHY hampir tanpa tanding," katanya di Gedung DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 29 September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: