Gelar Program GNLD, Kominfo Ingin Masyarakat Pahami 4 Pilar Literasi Digital

Gelar Program GNLD, Kominfo Ingin Masyarakat Pahami 4 Pilar Literasi Digital

Kemkominfo -Ist/jambi-independent -

JAKARTA, DISWAY.ID-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI) dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar program bertajuk GNLD, Jumat, 7 Oktober 2022.

Pada program tersebut, Kominfo RI dan GNLD membicaran kecakapan digital yang menjadi suatu hal wajib dimiliki seluruh  masyarakat karena memiliki tantangan yang besar pada ruang digital Indonesia. 

Salah satunya adalah aplikasi internet harus menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif.

BACA JUGA:Menyikapi Undang-undang Perlindungan Data Pribadi, Pegiat Literasi Digital: Perlu Ada Peraturan Presiden

Adapun program tersebut pun memiliki empat pilar dasar yaitu Etika Digital, Budaya Digital, Keterampilan Digital, dan Keamanan Digital yang mana empat literasi digital tersebut merupakan dasar yang harus diperhatikan pengguna internet karena memiliki peluang untuk berkembang.

"Menggunakan transaksi belanja online misalnya, kemudian terkait etika digital kita mau coba edukasi ke masyarakat supaya menjadi lebih baik dan etis," ujar Kepala Divisi Bidang Pengembangan Kurikulum Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, Heni Mulyati melalui Zoom Meeting. 

BACA JUGA:Kemenkominfo Gelar 'Kickoff Literasi Digital' Sektor Pendidikan SMK

Selain itu, Heni pun meminta kepada masyarakat untuk tidak menghilangkan budaya tanah air ditengah majunya budaya digital tetapi ia ingin aspek keamanan saat mengakses layanan digital tetap harus dilakukan.

"Tentang budaya digital, budaya ini tetap punya nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan. Kita coba tularkan melalui media digital," ucap Heni saat webinar Obral Obrol liTerasi Digital bertajuk Mengenal Mitra GNLD Sibekreasi. 

Disisi lain, Wakil Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital (Siberkreasi) Bidang Komunitas dan Kemitraan, Mira Sahid mengatakan kepada para mitranya untuk berkolaborasi terhadap empat pilar tersebut. 

Salah satu contohnya adalah pemberdayaan perempuan yang sudah bekerja sama dalam bidang literasi digital.

BACA JUGA:Pemkot Jakbar Sosialisasi Sadar Olah Literasi Digital bersama Jak Preneur

"Kumpulan Emak Blogger membuat program bersama Siberkreasi untuk pemberdayaan literasi digital. Saat ini sudah berjalan sekarang ada empat kota rencananya," kata Mira. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: