50.000 Elemen Masyarakat Demo di Depan Istana Negara Jakarta, Begini Isi Tuntutannya

50.000 Elemen Masyarakat Demo di Depan Istana Negara Jakarta, Begini Isi Tuntutannya

Puluhan ribu buruh bakalan gerebek Istana tolak Perppu Ciptaker yang menyatakan isi Perppu Ciptake tak masuk akal, perusahaan untung buruh buntung.-Bambang Dwi Atmodjo-

"Dalam aksi ini, setidaknya ada 6 tuntutan yang akan diusung. Tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law (UU Cipta kerja), Naikkan UMK/UMSK tahun 2023 sebesar 13 persen, Tolak ancaman PHK di tengah resesi global, reforma agraria, dan sahkan RUU PRT," kata Said dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA:Polisi Patroli Jalan Kaki di Manggarai, Antisipasi Titik Rawan Tawuran

BACA JUGA:Calon Mama Wajib Tahu! Begini 3 Cara Menggunakan Test Pack Agar Hasil Akurat

Said mengatakan kenaikan harga bahan bakar di Tanah Air terbukti menurunkan daya beli masyarakat, sebab mempengaruhi harga kebutuhan bahan pokok.

Namun, di tengah harga kebutuhan yang melambung tinggi, upah buruh terancam tidak mengalami kenaikan karena masih menggunakan aturan turunan UU Cipta Kerja, yakni PP No 36 Tahun 2021.

Peraturan ini mengenal batas atas dan batas bawah, sehingga banyak kabupaten atau kota yang berpotensi upah minimumnya tidak mengalami kenaikan.

BACA JUGA:Belajar dari Kanjuruhan, Persib Perbaiki Penyelenggaran Pertandingan Kandang

BACA JUGA:Kapan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah Tahun 2023? Berikut Catat Tanggalnya

"Inflasi yang terasa bagi kaum buruh adalah tiga komponen. Pertama, kelompok makanan, inflasinya tembus 5 persen. Kedua, transportasi naik 20-25 persen. Dan kategori ketiga adalah kelompok rumah. Di mana sewa rumah naik 10-12,5 persen," kata Said.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: