Ternyata Penonton di Stadion Kanjuruhan Overload 4500 Orang pada Malam Insiden Itu Terjadi

Ternyata Penonton di Stadion Kanjuruhan Overload 4500 Orang pada Malam Insiden Itu Terjadi

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022-Istimewa/bambang DA-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID- Ternyata jumlah penonton di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober malam laga Arema Vs Persebaya itu melebihi kapasitas.

Kapasitas dalam Stadion Kanjuruhan, Malang saat laga Arema vs Persebaya yang menyebabkan tragedi 132 nyawa melayang disebut overload atau melebihi kapasitas.

Kapasitas Stadion Kanjuruhan disebut hanya 38.054 penonton saja. Namun saat terjadi kerusuhan panitia awalnya mencetak 43.000 tiket.  Dari 43 ribu tiket tersebut yang telah terjual oleh panitia adalah 42.516. Artinya,

penonton di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 malam itu melebihi kapasitas nyaris 4500 orang atau tepatnya 4.462 orang.

"Kapasitas resmi 38.054 penonton, kapolres buat surat ke panpel meminta supaya tiket dikurangi, padahal saat yang sama cetak 43.000," kata Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Choirul Anam.

BACA JUGA:Sindiran Mahfud MD saat Tragedi Kanjuruhan Berbuntut Saling Lempar Tanggung Jawab: Ini jadi Perhatian

BACA JUGA:Pintu 12 dan 13 Stadion Kanjuruhan Terkunci saat Insiden 1 Oktober, Ratusan Aremania Tewas di Tempat

Berdasarkan informasi yang didapat Komnas HAM saat melakukan penyelidikan langsung di lokasi, tiket yang dipesan penonton sebanyak 42.516 buah.

"Sementara sudah dipesan 42,516 tiket," ucapnya saat memberi keterangan di Kantor Komnas HAM.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang melakukan penyelidikan di lokasi secara langsung menemukan hal berbeda dari informasi yang beredar selama ini.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan pintu tribun 10 hingga 14 pada kejadian tersebut terbuka, meski tidak terbuka secara luas.

BACA JUGA:Reaksi Polisi Soal Temuan Botol Miras di Stadion Kanjuruhan Buat Gempar, Pelaku Anarkis Diperingati Keras

"Berdasarkan video yang diterima, kondisi tribun terbuka pintu 10 sampai 14 walaupun kecil," katanya saat memberikan keterangan di Kantor Komnas HAM, Rabu 12 Oktober 2022.

Berdasarkan keterangannya, pintu tribun 13 yang selama ini disebut tertutup. Nyatanya terbuka saat kerusuhan terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: