Mengenal Apa Itu ASMR dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Mengenal Apa Itu ASMR dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Mengenal ap itu ASMR dan manfaatnya untuk kesehatan-Foto/Freepik-

Manfaat ASMR untuk kesehatan, mengutip dari berbagai sumber:

1. Meredakan suasana hati sedang buruk 

Penelitian pada tahun 2015, menemukan bahwa beberapa orang dengan ASMR membantu meringankan gejala suasana hati yang negatif termasuk perasaan depresi atau stres.

Mereka akan merasa lebih baik ketika suasana hati sedang buruk.

2. Mengatasi depresi atau stress

Penelitian yang dilakukan oleh Emma L. Barrat dan Nick J. Davis dari Swansea University, bahwa beberapa responden dari penelitian berupa penderita depresi dan penyakit kronis setelah mendengar maupun menonton konten ASMR, mereka merasa lebih baik.

BACA JUGA:Kurang Tidur Bisa Membuat Mudah Lapar, Begini Alasannya

3. Mengatasi kecemasan  

Riset tahun 2018 menemukan bukti yang menunjukkan bahwa menonton video ASMR dapat memperlambat detak jantung, yang membuat kondisi menjadi lebih rileks

Menurut Sadie Bingham, seorang pekerja sosial klinis yang berspesialisasi dalam kecemasan dan memberikan terapi di Gig Harbor, Washington, pengalaman ASMR memang dapat memberikan ketenangan dan kesejahteraan, tetapi hal ini bergantung pada kepekaan dan penerimaan orang yang bersangkutan.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orang

4. Menjadi lebih rileks

Riset pada tahun 2018 menemukan bukti yang menunjukkan bahwa menonton video ASMR dapat memperlambat detak jantung, yang membuat kondisi menjadi lebih rileks.

Penelitian yang dilakukan oleh Ryerson University dan University of Winnipeg juga menyepakati, bahwa penikmat ASMR biasanya merasakan relaksasi yang sama dengan mereka yang mendengarkan musik.

Bahkan, efek relaksasi dari ASMR ini dikatakan mampu bertahan lebih lama dibandingkan musik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: