Misteri Ritual Dalam Kasus Tewasnya Satu Keluarga di Kalideres, Polisi: Upaya Atas Masalah Keluarga

Misteri Ritual Dalam Kasus Tewasnya Satu Keluarga di Kalideres, Polisi: Upaya Atas Masalah Keluarga

Polisi Terus Selidiki Kasus Tewasnya Satu Keluarga di Kalideres-Andrew Tito-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Penyidik Polda Metro Jaya mengonfirmasi adanya temuan baru dalam kasus kematian satu keluarga di dalam rumah di Kalideres, Jakarta Barat pada Selasa 29 November 2022.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombespol Hengki Haryadi mengatakan pihaknya mengindikasi salah seorang dari empat korban tewas dalam satu rumah yang bernama Budiyanto Gunawan (69) diduga kerap menjalani ritual tertentu.

Hengki katakan Budoyanto kemudian mengkontaminasi anggota keluarga lainnya untuk ikut dalam ritualnya dalam rangka mengatasi masalah keluarga yang terjadi saat itu, yang diduga adalah masalah ekonomi

BACA JUGA:Polisi Temukan Mantra Pada Sejumlah Kain di Rumah 1 Keluarga Tewas Mengering di Kalideres

BACA JUGA:Buku Mantra dan Kemenyan Jadi Bukti 1 Keluarga Tewas di Kalideres Jalani Ritual Sesat

"Hal ini mengakibatkan adanya suatu belief dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga," ujar Hengki di Mapolda Metro Jaya, Selasa 29 November 2022.

Polisi duga kuat Budyanto adalah sosok yang memengaruhi tiga anggota keluarga lainnya untuk menerapkan ritual kepercayaan tersebut.

"Ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan, yang mengarah kepada almarhum Budiyanto. Yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu," ujarnya.

Hengki mengaku pihaknya masih belum ketahui secara pasti kepercayaan apa yang mereka anut.

BACA JUGA:Hasil Patologi Anatomi 4 Jenazah Kalideres Bantu Polisi Dalami Kondisi Psikologis Korban Sebelum Meninggal

BACA JUGA:Polisi Menduga Korban Budyanto Gunawan yang Terapkan Ritual Tertentu Hingga 1 Keluarga Tewas Mengering di Kalideres

Hengki jelaskan pihannya kini hanya tinggal mengungkap penyebab kematian satu keluarga tersebut dengan melakukan kerja sama dengan petugas laboratorium forensik.

"Mengenai sebab-sebab kematian, kami sedang menanti hasil dari pemeriksaan patologi anatomi yang saat ini sedang di dalami para ahli kedokteran forensik gabungan," ujar Hengki.

Diberitakan sebelumnya empat orang anggota keluarga ditemukan tewas di dalam rumahnya, Perumahan Citra Garden 1, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis 10 November 2022.

Sumber: