Annisa Sempat Takut Gunakan Kartu JKN

Annisa Sempat Takut Gunakan Kartu JKN

Annisa Putri memanfaatkan fitur-fitur di aplikasi Mobile JKN.-Foto: BPJS Kesehatan-

LHOKSEUMAWE, DISWAY.ID - Aplikasi Mobile JKN dibuat untuk memudahkan pesrta BPJS Kesehatan. Mulai dari antrean online, pengaduan, hingga perubahan data bisa dilakukan dari telepon seluler peserta program, JKN. Bisa dilakukan dari mana saja, tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Annisa Putri (23), salah satu peserta yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN mandiri, merasa terbantu dengan keberadaan aplikasi Mobile JKN. Dia selalu memanfaatkannya untuk kemudahan akses berbagai keperluan administrasi kepesertaan JKN dirinya dan keluarga, seperti melakukan perubahan data dan perubahan fasilitas kesehatan tempatnya terdaftar.

“Dulu itu belum tahu ada aplikasi Mobile JKN, kami kira sulit sekali mengurus pindah-pindah BPJS Kesehatan. Setelah tahu ada aplikasi tersebut, ternyata bisa melalui handphone saja,” ujar gadis yang akrab disapa Nisa ini saat ditemui pada Jumat (18/11).

Mahasiswa semester salah satu universitas di Kota Lhokseumawe itu juga bercerita bahwa dia awalnya under estimate dengan BPJS Kesehatan. Saat berobat, dia dan keluarganya mendaftar sebagai pasien umum. Sebab, takut proses pelayanan BPJS Kesehatan akan lama. Namun, akhirnya ia pun mengerti bahwa kenyataannya tidaklah demikian.

“Dulu karena saking takutnya ditolak, kami sempat bayar pakai uang sendiri sebagai pasien umum waktu berobat di klinik. Padahal kami sudah jadi peserta JKN," kata Annisa. Belakangan Annisa tahu bahwa selama menjadi peserta JKN aktif dan sudah mengikuti ketentuan yang berlaku, bisa dijamin penuh oleh BPJS Kesehatan. 

"Setelah tahu Aplikasi Mobile JKN, ternyata proses memperoleh pelayanan di fasilitas kesehatan juga mudah sekali. Misalnya, bisa ambil antrean online, bisa konsultasi online, cek jadwal operasi, cek ketersediaan kamar tidur, dan sebagainya,” ujar Nisa.

Di akhir perbincangan, Nisa menyampaikan agar semua peserta Program JKN, khususnya bagi peserta-peserta yang terbiasa mengoperasikan gadget, untuk selalu memanfaatkan kemudahan layanan yang sudah disediakan BPJS Kesehatan.

“Sudah ada kemudahan disediakan, jangan sampai kita kesulitan sendiri karena tidak mau cari informasi. Mari sama-sama kita edukasi keluarga untuk kemudahan kita bersama dengan pakai Mobile JKN,” ucap Nisa. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: