Saksi Ahli Ungkap Ricky Rizal Tolak Perintah Ferdy Sambo Tembak Yosua, Nathanael Sumampouw: Tidak Ada Mental Untuk Menembak?

Saksi Ahli Ungkap Ricky Rizal Tolak Perintah Ferdy Sambo Tembak Yosua, Nathanael Sumampouw: Tidak Ada Mental Untuk Menembak?

Bambang Dwi Atmodjo- Bambang Dwi Atmodjo-Bambang Dwi Atmodjo

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sidang dengan perkara pembunuhan berencana Brigadir Yosua berlanjut di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Senin 2 Januari 2023.

Adapun agenda sidang lanjutan tersebut adalah pemeriksaan saksi ahli meringankan dari pihak Ricky Rizal.

Ada satu fakta yang cukup menarik ketika saksi ahli Psikologi Forensik Nathanael Sumampouw memaparkan alasan Ricky Rizal tolak Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir Yosua.

BACA JUGA:Heru Budi Hartono Pastikan Proyek RDF Rampung Akhir Januari 2023

BACA JUGA:Kendaraan Anggota KPU Terbakar, LPSK: Apakah Terbakar Karena Masalah Kendaraannya Atau Dibakar

Salah satu alasan Penolakan itu lantaran Ricky Rizal tidak memiliki mental yang siap untuk melakukan penembakan ke Brigadir Yosua.

Alasan yang lain Ricky Rizal merupakan polisi satuan lalu lintas yang tidak punya keahlian menembak dan kesehariannya lebih banyak mengurusi administrasi.

"Berkaitan permintaan apakah yang bersangkutan untuk melakukan sesuatu misalnya dari keterangan beliau permintaannya menembak. Nah hal ini yang bersangkutan dengan tegas mengatakan bahwa dia tidak ada mental," ucap Nathanael Sumampouw di PN Jakarta Selatan, Senin 2 Januari 2023.

Menurut Nathanael Ricky Rizal didukung oleh profil psikologis yang baik dan tegas sehingga dia bisa menolak perintah terdakwa Ferdy Sambo yang diketahui memiliki pangkat jauh di atas Ricky Rizal.

"Nah ini juga didukung oleh profil psikologis yang bersangkutan tadi bahwa dia mampu memiliki suatu kondisi psikologis untuk berani mengatakan tidak padahal pada pimpinan yang jauh lebih tinggi," ujarnya.

BACA JUGA:Kembang Api Meledak di Tangan Wakil Bupati Kaur, 4 Jarinya Hancur, Begini Kronologi Hingga Dilarikan ke RS

BACA JUGA:Menhub Budi Karya Jatuh dari Tangga Helikopter, Dilarikan ke RS Ciremai Cirebon

Ricky Rizal juga tidak mempunyai kompetensi untuk menembak meski dia merupakan seorang polisi lalu lintas, secara spesifik fungsinya Regident.

"Tapi setelah lulus Sekolah Polisi Negara, yang bersangkutan bertugas di bagian lantas. Terutama secara spesifik fungsinya Regident," ucap Nathanael.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: