Ketua KPU Pastikan Tahapan Pemilu 2024 Berjalan Sesuai Jadwal

Ketua KPU Pastikan Tahapan Pemilu 2024 Berjalan Sesuai Jadwal

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari di Kantor Muhammadiyah, Jakarta Pusat-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY. ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari memastikan bahwa tahapan Pemilu 2024 akan sesuai dengan yang sudah direncanakan. 

Hal tersebut disampaikannya pada saat melakukan audiensi ke Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Selasa, 3 Januari 2023.

"Kami sampaikan kepada pimpinan Muhammadiyah bahwa indikator-indikator bahwa Pemilu berjalan sesuai dengan rencana yang hari pemungutan suaranya direncanakan pada hari Rabu 14 Februari 2024, itu berjalan terus," ujar Hasyim di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Selasa, 3 Januari 2023.

BACA JUGA:Pengamanan Pemilu 2024, KPU Tandatangan MoU dengan Polri

BACA JUGA:Link Daftar PPS Pemilu 2024, Catat Cara Mendaftar dan Cek Persyaratannya di Sini

"Diantaranya harus ada peserta pemilu, yang kedua harus ada pemilih, yang ketiga ada proses pemungutan penghitungan suaranya," lanjutnya. 

Sebagaimana diketahui, KPU sendiri telah melakukan rangkaian tahapan Pemilu 2024, yaitu sejak bulan Agustus 2022.

Pada bulan Agustus 2022, merupakan tahapan pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 yang kemudian disusul dengan tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. 

Lalu dilanjutkan ketahapan penentuan partai politik yang lulus verifikasi sekaligus penetapan nomor urut partai politik pada 14 Desember 2022 kemarin. 

"Kira-kiranya sebagaimana kita ketahui 14 Desember kemarin 2022 sudah ada penetapan partai politik peserta pemilu," kata Hasyim.  

BACA JUGA:Ini Dia Daftar 17 Partai dan 6 Perubahan Perppu Pemilu 2024

"Sekarang ini dan berproses perseorangan bakal calon anggota DPD untuk menyerahkan hubungan di semua KPU Provinsi untuk menuju peserta pemilu perseorangan calon DPD," sambungnya. 

Kemudian pada bulan Mei nantinya akan mulai pencalonan anggota DPR RI provinsi Kabupaten/Kota, tentunya sesuai dengan tingkatannya pusat provinsi Kabupaten/Kota.

Begitu pula dengan anggaran Pemilu, Hasyim mengatakan bahwa anggaran Pemilu untuk tahun 2023 telah dikantongi oleh pihak KPU. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: