Keunggulan KTP Digital Dengan Pengguna Tembus 590 Ribu Orang

Keunggulan KTP Digital Dengan Pengguna Tembus 590 Ribu Orang

Sejak diluncurkan untuk diuji coba pada pertengahan 2022 lalu, sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai menerapkan pelayanan untuk penerbitan aplikasi KTP Digital dengan berbagai kelebihan. -RT Pintar-

JAKARTA, DISWAY.ID - Sejak diluncurkan untuk diuji coba pada pertengahan 2022 lalu, sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai menerapkan pelayanan untuk penerbitan KTP Digital.

Beberapa di antaranya di Lombok Tengah (Nusa Tenggara Barat), Sidrap (Sulawesi Selatan), Banyuwangi (Jawa Timur), Yogyakarta (DIY), dan Bogor (Jawa Barat).

Penerapan KTP Digital atau identitas kependudukan digital itu merujuk pada Permendagri Nomor 72 Tahun 2022.

Namun pelaksanaannya sejauh ini masih dilakukan bertahap dengan menyasar para Aparatur Sipil Negara (ASN) dulu.

Kepala Disdukcapil Lombok Tengah Baiq Anita Nindiana mengatakan saat ini untuk mendukung program tersebut, pihaknya melakukan pelayanan pembuatan KTP digital kepada ASN di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menjadi contoh buat masyarakat umum.

BACA JUGA:Pengakuan Jokowi 12 Pelanggaran HAM Berat di Masa Lampau, SETARA Institute: Hanya Aksesori Politik

BACA JUGA:Iran Gantung Mata-mata MI-6, Wakil Menteri Pertahanan Warga Negara Ganda

"Kita mulai dari ASN dulu untuk pembuatan KTP digital ini. Tapi masyarakat tetap kita berikan pelayanan jika ada yang datang membuat KTP digital," terang Praya.

Praya mengatakan, untuk sosialisasi penggunaan aplikasi KTP digital telah dilaksanakan setelah adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2022 bahwa di 2023 sudah mulai diterapkan KTP Digital. Namun, kondisi saat ini animo masyarakat untuk membuat KTP digital tidak terlalu tinggi.

"Meskipun sebagian masyarakat masih belum tertarik, tapi terus kita melakukan sosialisasi," katanya.

Ia mengatakan, bagi warga yang ingin membuat KTP digital cukup membawa ponsel berbasis android yang mendukung, KTP dan KK, nanti sudah ada petugas yang membantu untuk melakukan pendaftaran melalui aplikasi yang telah disiapkan.

Secara terpisah terpisah, Kadisdukcapil Kota Yogyakarta, Bram Prasetyo juga mengimbau warga di sana segera memiliki KTP Digital, meskipun sejauh ini proses aktivasinya masih menyasar ke ASN dulu.

BACA JUGA:Tesla Turun Harga Nyaris 200 Juta Rupiah, Elon Musk Tabuh Genderang 'Perang Harga'

BACA JUGA:Resep Ayam Goreng Pedas Ala Chef Devina Hermawan: Rasanya Meresap, Renyah dan Pasti Empuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: