Santos Lolos

Santos Lolos

George Santos.--

PUN di DPR Amerika, bisa terjadi hal seperti ini: seorang pembohong besar terpilih sebagai anggota DPR. Dari Dapil New York pula. Ia bukan hanya pembohong, tapi bohong di segala bidang.

Namanya: George Santos. Umur 36 tahun. Kelahiran Brasil. Punya kewarganegaraan ganda. Ia tidak lulus SMA, tapi mengaku pernah kuliah di berbagai lembaga pendidikan.

Yang membuat Santos terpilih adalah: ia mengaku sebagai orang Yahudi. Bukan kaleng-kaleng pula: ayahnya mati sebagai korban holokos. Yakni ketika jutaan orang Yahudi dibunuh di kamar gas di Jerman.

Ada lagi caranya menarik simpati pemilih: ia bilang ibunya meninggal sebagai korban serangan teroris di gedung kembar WTC New York.

Ternyata ia bukan Yahudi sama sekali. Ayahnya lahir di Brasil. Meninggal di Brasil. Tidak pernah ke mana-mana. Tidak ada hubungannya dengan Jerman sama sekali.

Ibunya ternyata juga meninggal biasa. Bahkan sang ibu baru meninggal tahun 2016. Tanggal 23 Desember. Padahal Anda tahu: teroris yang menabrakkan pesawat ke gedung kembar WTC itu terjadi tahun 2001. Tanggal 9 September.

Akhirnya terbongkar pula, ketika peristiwa teror itu melumpuhkan New York, sang ibu belum ada di Amerika.

Yang juga menghebohkan: ia mengaku pembela LGBT dan ia sendiri menyatakan diri sebagai gay. Secara terbuka. Ini agak aneh. Ia nyalon dari Partai Republik. Tapi mengaku gay. Padahal ideologi partai itu anti LGBT. Tapi karena dapilnya New York, Santos pun mencari simpati dengan mengaku gay.

Akhirnya terbongkar: ia punya istri. Sejak 2012. Baru cerai 2019 lalu. Menjelang masa kampanye Pemilu.

Di bidang pendidikan ia mengaku belajar di sekolah swasta elite: Horace Mann. Lalu mengaku punya gelar dari New York University. Masih ditambah New York’s Baruch College. Keren banget.

Ternyata semua itu bohong. Ia tidak pernah sekolah, pun hanya SMA. Ijazah SMA-nya dari ujian persamaan.

Padahal Santos mengaku di salah satu lembaga pendidikan itu ia adalah bintang pemain tim volley ball di sekolah itu. Keruan saja tim bola voli sekolah itu membantah: tidak pernah punya pemain voli bernama Santos. Apalagi dengan wajah seperti di foto media.

Dalam proses pencalonannya itu, Santos juga mengaku pernah bekerja di perusahaan paling bergengsi: Goldman Sachs dan Citi Corp. Dua perusahaan keuangan itu pun mengeluarkan bantahan: tidak mengenal Santos.

Santos masih mengaku sebagai pengusaha properti yang sukses. Ia mengaku punya beberapa gedung di New York. Ketika dicek, gedung-gedung itu bukan ia punya. Omong besar.

Nah, kalau pengakuan yang satu ini benar. Ia pernah bekerja di perusahaan investment Harbor City Capitol Corp. Di Florida. Tahun 2020. Tapi perusahaan itu tutup di tahun berikutnya.

Penyebab penutupannya adalah: perusahaan itu diperiksa otoritas keuangan Amerika. Harbor City Capitol Corp dinilai sebagai perusahaan yang melaksanakan praktik pengumpulan dana tipu-tipu ala ponzi.

Ternyata Santos sendiri terlibat penipuan buku cek. Lalu menggunakan dana kampanye yang melanggar aturan.

Komplet sekali kebohongannya. Tapi Santos terpilih sebagai anggota DPR Amerika. Sudah sah sejak 1 Januari 2023 lalu. Ia pun bergabung dalam kaukus sayap kanan yang ekstrem. Mendukung Donald Trump. Anti aborsi.

Untung pers Amerika rajin membuka latar belakang seluruh anggota DPR. Terutama yang baru. Yang menonjol.

Santos menonjol karena baru kali ini dapil pinggiran kota New York dimenangkan calon dari Partai Republik. Dapil itu secara tradisional dimenangkan calon dari Demokrat.

Setelah semua itu terbongkar, tuntutan muncul: agar Santos mengundurkan diri. Tapi ia bisa melawan. Tanpa mundur Santos bisa tetap jadi anggota DPR. Lembaga itu baru bisa memecatnya kalau disetujui 2/3 anggota DPR. Prosesnya pun panjang.

Setidaknya Santos telah menjadi berita besar di Amerika. Jadi bahan lucu-lucuan berhari-hari. Pertanyaan pun muncul: kenapa orang seperti Santos bisa lolos. (Dahlan Iskan)

 

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 22 Januari 2023: Tetap Ardern

 

Everyday Mandarin

Selama Covid-19, pemimpin negara wanita diakui lebih baik drpd pria. Wanita lebih kuat. Bawa dua gunung beserta 1 lembah aja, mereka bisa sendirian. Pria itu manja. Bawa dua telur aja masih harus dibantu 1 burung. Burungnya pun kadang² ikut tuannya males²an dan loyo.

 

Kliwon

Terima kasih pak Mirza. Akhirnya Jokithuk tetap menikah dengan janda pujaannya. Tapi jujur berharap bukan dengan cara seperti itu. Penginnya Jokithuk dipecat dulu dari militer. Dia sudah melakukan fraud, melanggar pakta integritas. Dengan alasan apapun, tidak dibenarkan menggadaikan pedang inventaris milik negara. Setelah dipecat, Raja kasih dia kapak. Biar dia balik lagi jadi pencari kayu hutan. Dengan kapaknya itu, dia bisa menjadi tukang mebel yang sukses. Atau minimal menjadi Wiro Sableng, pendekar kapak maut Naga Geni 212.

 

Juve Zhang

Jacinda Ardern tetap friendly gesture ke Tiongkok yg berimbas surplus dagang gemuk. Australia sebaliknya musuhi Tiongkok akibatnya boikot batubara .LNG Australia dan efeknya bt.bara Indonesia terbesar ke Tiongkok.surplus ekspor Indonesia ke Tiongkok .luar biasa All-Time High ekspor Indonesia ke Tiongkok. IMF menyebut resesi dunia hanya yg ekspor nya surplus akan kuat nahan resesi dunia. Ekspor Nikel Indonesia juga merajai dunia walau di kecam Eropa karena smelternya tutup tak ada bahan baku. Konon bauksit juga mau dilarang ekspor mentah. Hanya Presiden Jokowi yg mampu menangkal resesi. Walaupun di panggil Tukang Andong oleh pak PS waktu 2019 kalah. Tapi pak Jokowi benar benar jadi supir Andong waktu dilantik itu kata pak Panda Nababan. Supir Andong.kurus kerempeng mirip Royce Gracie juara UFC 3 kali kurus kerempeng lawannya Royce otot herkules badan gempal di KO semua .lihat YT UFC bagaimana Royce si kerempeng memakai OTAK nya mengalahkan lawannya yg OTOT gempal Otak dungu.wkwkwk

 

Agus Suryono

BERATNYA WANITA JIKA JADI PEJABAT TINGGI.. Di luar jam kerja tetap harus.. 1). Sesekali masak. 2). Sesekali mencuci pakaian, minimal pakaian dalam. 3). Tetap harus menyusui anaknya. 4). Sesekali juga menyusui suaminya. 5). Yang harus dilakukan pejabat tinggi pria, tetap harus dilakukan pejabat tinggi wanita..

 

Eyang Sabar56

Selamat mas Kliwon atas keberhasilan peyan menebak akhir perjalanan Jokithuk. Hadiahnya silahkan ambil sendiri di padepokan Mbah MM. Salut Mbak Ardern. Sudah menjadi sifat dasar manusia tuk ingin dan mau memiliki sesuatu sampai akhir hidup. Padahal ketika matipun sesungguhnya tdk ada apapun yg kita miliki. Prof Pry lebih tau. Mbak Ardern menyadari hal itu. Bahwa kunci keberhasilan hidup adalah "pengendalian diri". Jadi teringat dulu pernah ikut Penataran P4, oleh penatar disebut kunci drpd pengamalan nilai2 Pancasila adlh pengendalian diri. Barangkali sdh saatnya BIPP kembali menggalakkan P4 khusus para calon pejabat legislatif, eksekutif & yudikatif.

 

Kang Sabarikhlas

Jacinda Ardern yang sejatinya dari keluarga politik, lalu sampai jadi perdana menteri dan dikagumi di mana², tapi sekarang ndilalah kok mengundurkan diri?.. apa jadi 'sesuatu’ itu ndak enak? apa ndak bangga pernah jadi sesuatu? lha wong buktinya hari Selasa kemarin Lurah-lurah se Indonesia demo ke Jakarta minta jatah jabatan yang 'cuma' 6 tahun dirubah jadi 9 tahun... (wonggoblik takontok akibat setopbok) duh...

 

Jimmy Marta

Sy coba gugling2 fotonya Jacinda Arden. Foto th 2017 saat mulai jd PM, sampai foto pidato mundur kemaren. Apa yg terlihat?. Yah, Jacinda Arden terlihat lebih kurus. Wajahnya terlihat spt orang banyak beban. Mungkin dia makin banyak pikiran. Perekonomian negara yg terpukul. Harga2 yg naik, pengangguran dan kriminalitas yg meningkat. Jacinda Arden mungkin type orang serius. Semua urusan harus dipikir serius. Dia benar2 serius dg masa depan anaknya yg akan segera masuk tk. Dan serius ingin mengubah statusnya si domestic partner. Kalau dilihat dari luar, jadi PM di Selandia Baru mestinya jauh lebih ringan dari jadi Presiden Indonesia. Selandia Baru hanya mengurus 4,8jt orang. Mereka orang2 yg sudah berbahagia. Menurut The World Happyness Index 2022, negaranya Ardern peringkat 9 negara paling bahagia sedunia. Biarlah Jacinda Ardern mundur dari jabatannya. Mungkin dg begitu dia akan lebih bahagia. Menikmati bahagia spt rakyatnya bersama anak dan keluarganya. Biarlah kita2 diberi libur panjang 3 hari. Agar dp menikmati hari2 bersama anak dan keluarga sendiri. Salam bahagia ya, sob.... #pengamat foto

 

Wawan Wibowo

Perempuan super cerdas selalu mengambil keputusan yg anomali. Bukti bahwa menjadi ibu adalah kenikmatan terbesar seorang perempuan, tak peduli apa agamanya, apa tingkat pendidikannya.

 

yea aina

Masih terkait pandemi covid dan pulau Galang Pak @JM. Di situ telah dibangun RS darurat pandemi, yang kini dinamai RSKI (Rumah Sakit Khusus Infeksi). Pun hanya RS darurat, nilai pembangunannya cukup fantastis. 400 milyar. Dengan berbagai kontroversinya: episentrum pandemi di Jakarta, umumnya Pulau Jawa, mengapa RSKInya di Pulau Galang? entahlah. Btw di situlah hebatnya penanganan pandemi di sini. Sisi perencanaan dan antisipasi sosialnya . Pun bansos covidnya "bocor" oleh penanggung jawabnya he he he.

 

yea aina

Presiden Vietnam, mengundurkan diri dari jabatannya karena skandal korupsi penanganan pandemi covid para bawahannya, saat dia menjabat PM Vietnam. Pun PM New Zealand yang sangat populer karena dinilai sangat berhasil menangani pandemi covid di negerinyi: mengundurkan diri dari jabatan PM. Sama-sama mengundurkan diri, sekaligus keduanya menjadi topik berita terkait pandemi covid. Semoga tidak muncul pandemi jenis baru: "undur diri"

 

Fa Za

Menikah adalah perjanjian perdata secara resmi yg menimbulkan hak dan kewajiban bagi masing² pihak, misalnya hak waris, dll.

 

AnalisAsalAsalan

Kata orang, "Kawin sudah, menikah belum." Yang membagongkan: Kalau sudah tidak beragama, buat apa menikah? Nikahnya di mana? Apa definisi menikah bagi orang yang tidak beragama?

 

Mirza Mirwan

Saya kok ragu kalau istilah "kumpul kebo" itu dari "koempoel gebouw" -- bukan "gebow" yang artinya busur. Pertama, kenapa pakai campuran bhs. Melayu dan Belanda. Kedua, bhs. Belanda sudah punya kosa kata untuk istilah kumpul kebo itu: "samenleven". Jadi saya lebih yakin istilah kumpul kebo itu asli bahasa Jawa.

 

Fa Za

Kumpul kebo berasal dari istilah 'koempoel gebow' di masa kolonial dahulu. Gebow adalah bahasa Belanda yg artinya bangunan/rumah. Tinggal satu rumah tanpa perkawinan. Istilah ini kemudian berubah menjadi kumpul kebo. Jadi kebo di sini bukan merujuk ke nama hewan dlm bahasa Jawa.

 

Leong putu

Membaca artikel ini membuat saya menyesal tidak punya IG. Seandainya saya punya IG, boleh jadi saya bisa nonton IG live sang Perdana menteri saat menidurkan anaknya. Sungguh menyesal, sekaligus penasaran yang tiada terobati. Mencoba membayangkan saat beliau menidurkan bayinya tersebut. Pakaiannya bagaimana, apakah sambil menyusui sang bayi ? ....hmmmm....jadi kepo abizzz.... Apakah akhirnya ada adegan tambahan setelah bayinya tidur bersama sang domestik partner, karena dia lupa mengakhiri siaran live IGnya... Serius kepo...

 

Jimmy Marta

Hehe...Betul..betul mbah. Banyak yg terpukau dg nama yg dikeren2 kan. Ditempat sy ada jga yg begitu. Jasuke = Jagung susu keju. Kemuse = Kelapa muda segar. Oh iya mbah ini singkatan yg dibikin keren...xixi

 

Mbah Mars

Hemm...kumpul kebo jadi kelihatan elegan saat menggunakan istilah "Domestic partner". Apa ini yang namanya gejala inferior kita terhadap yang semua yg berbau keinggris-inggrisan ya ? Lha coba to, gara-gara nama diinggriskan harga makanan bisa lipat 2 atau 3 dibanding jika menggunaan Bahasa Indonesia. Mie goreng telur sayuran : Rp. 15.000. Boiled noodles with boiled egg and vegetables: Rp. 50.000. Nasgor+telur+krupuk+sayuran: Rp. 17.000. Fried rice with egg and shrimp crackers: Rp. 50.000. Telur dadar: Rp. 5000. Omelet: Rp. 25.000. Gado-gado: Rp. 12.000. Javanese salad with peanut sauce: Rp. 30.000.

 

Handoko Luwanto

Apa kata ChatGPT soal "Domestic Partner" : Domestic partnership adalah sebuah hubungan romantis antara dua orang yang tidak menikah secara hukum namun hidup bersama dan seringkali diakui oleh pemerintah atau perusahaan. Beberapa kota dan negara memiliki undang-undang yang mengakui domestic partnership dan memberikan hak-hak yang sama dengan pasangan yang menikah. Namun, definisi dan hak yang diberikan dapat berbeda-beda di setiap tempat."

 

Handoko Luwanto

Contekan dari ChatGPT, sepupu jauhnya mbah Gugel : * Kumpul kebo adalah sebuah istilah yang digunakan di Indonesia yang berasal dari bahasa Sunda. Kumpul kebo berarti "bertemu di tempat yang sama" atau "bersama-sama" dalam konteks sosial. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan aktivitas sosial yang dilakukan bersama-sama, seperti berkumpul dengan teman-teman, keluarga, atau rekan kerja. *

 

Leong putu

Saya coba tanya mbak yu google. ... -Kebo diterjemahkan : stupid. -kumpul diterjemahkan : gather. Nah kalau kupul kebo saya kira akan diterjemahkan : stupid gather, eehh ternyata diterjemahkan : to live together without being meriied...heheheh... ..sepertinya mbak yu google punya pengalaman.....

 

Fa Za

Budaya Barat memaklumi hubungan kumpul kebo, tapi sepertinya sangat mengecam perselingkuhan, seperti kasus perselingkihan Bill Clinton dgn Monica Lewinsky.

 

Leong putu

Anak gadis sedang bersolek / Kala bersolek duuh wanginya / Hari ini hari raya Imlek / Pak Bos DI mana angpaonya ?/ ... 365_mantun angpao

 

Fauzan Samsuri

Kalau Ardern jadi perdana menteri hebat bolehlah, tapi kalau Ardern jadi inspirasi banyak wanita janganlah, apalagi kalau inspirasinya mau di-"Domestik Pertnership" dulu sebelum menikah. Apa bapak/ibu yang ada di CHD ini rela kalau anak perempuannya mengambil pilihan seperti Ardern?

 

Denny Herbert

Hebat pemimpin2 wanita seperti ini.. jadi ingat Margaret Thatcher si Wanita Besi, dilaporkan sela 11 tahun menjadi PM England, tidak punya koki dan menyempatkan diri untuk memasak makan malam untuk suaminya Denis Thatcher.

 

Mr P

Manusia dengan akal yang dimiliki telah menemukan jalannya. Sampai firmanpun mereka akali. Firman melarang adanya perceraian, lantas manusia menemukan jalan. Agar tidak ada perceraian lebih bagus tidak nikah terlebih dahulu. Kawin dulu saja, dengan berjalannya waktu kalau kalau tidak cocok ditengah jalan tinggal berpisah saja. Seperti cerita om om di kolom komentar di sini, ada yang cerita kalau jujur kepada isterinya katanya isterinya marah marah. Lantas isterinya dibohongi dibilang lembur padahal tadi lagi makan sama teman lamanya. Akal akalan manusia.

 

Pryadi Satriana

Kebebasan 'dimaknai' beda di Barat dan di Timur, termasuk Indonesa. Di Barat, orang bebas berbuat apa saja sepanjang tidak melanggar hukum. Norma hukum yg dominan krn agama ada di ranah privat. Di Indonesa, 'norma agama' yg dominan, orang 'bebas bengak-bengok' 5x sehari pake TOA, 'mrebek'i tangga-né atas nama Tuhan', mengabaikan aturan pemakaian pengeras suara di rumah ibadah. 'Ndendheng' rumangsa bener karepé dewe! Meh saben dina 'ngocèh sunnah nabi' tapi gak ngerti zaman biyèn ora ana TOA. Opo pancèn rumangsa tambah banter olehé bengak--bengok nggawe TOA iku tambah oleh pahala? Sing jelas to tambah mrebek'i tanggané ... Salam. Rahayu.

Sumber:

Komentar: 344

  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Eyang Sabar56
    Eyang Sabar56
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • M Aviandy
    M Aviandy
  • Dwika Budhyantara
    Dwika Budhyantara
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
  • Jo Neka
    Jo Neka
    • Leong putu
      Leong putu
  • EVMF
    EVMF
    • EVMF
      EVMF
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • EVMF
      EVMF
  • Leong putu
    Leong putu
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
  • Liam Then
    Liam Then
  • Eyang Sabar56
    Eyang Sabar56
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Nimas
      Nimas
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Fauzan Samsuri
    Fauzan Samsuri
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Liam Then
      Liam Then
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
    • yea aina
      yea aina
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • yea aina
      yea aina
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Leong putu
    Leong putu
    • Leong putu
      Leong putu
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • yea aina
      yea aina
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Leong putu
      Leong putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong putu
      Leong putu
    • Leong putu
      Leong putu
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong putu
      Leong putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Kujang Bengkok Amburadul
      Kujang Bengkok Amburadul
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Fa Za
      Fa Za
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong putu
      Leong putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong putu
      Leong putu
    • Leong putu
      Leong putu
  • Amat Kasela
    Amat Kasela
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Leong putu
      Leong putu
    • atikaboncu
      atikaboncu
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Leong putu
      Leong putu
    • yea aina
      yea aina
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Leong putu
      Leong putu
  • Leong putu
    Leong putu
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
  • Leong putu
    Leong putu
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Leong putu
      Leong putu
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Mas Kam
    Mas Kam
  • tarason daulay
    tarason daulay
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Kliwon
    Kliwon
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Leong putu
      Leong putu
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Alon Masz Eh
      Alon Masz Eh
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Leong putu
      Leong putu
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Leong putu
      Leong putu
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Leong putu
      Leong putu
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Alon Masz Eh
      Alon Masz Eh
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Kartosuwiryo
      Kartosuwiryo
    • Leong putu
      Leong putu
    • Alon Masz Eh
      Alon Masz Eh
    • Leong putu
      Leong putu
  • Wawan Wibowo
    Wawan Wibowo
    • Fa Za
      Fa Za
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Wawan Wibowo
    Wawan Wibowo
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • EVMF
    EVMF
    • Fa Za
      Fa Za
    • EVMF
      EVMF
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Yuli Triyono
    Yuli Triyono
  • Adi Suprapto
    Adi Suprapto
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Fa Za
      Fa Za
    • Fa Za
      Fa Za
  • Nurkholis Marwanto
    Nurkholis Marwanto
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Leong putu
      Leong putu
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Dodik Wiratmojo
    Dodik Wiratmojo
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Fa Za
      Fa Za
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Eka Handoko
    Eka Handoko
  • Purnomo Inzaghi
    Purnomo Inzaghi
  • Warung Faiz
    Warung Faiz
  • yea aina
    yea aina
  • yohanes hansi
    yohanes hansi
  • Fa Za
    Fa Za
    • yea aina
      yea aina
  • Dacoll Bns
    Dacoll Bns
  • doni wj
    doni wj
  • Pidik Wahono
    Pidik Wahono
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • KEY
      KEY
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Johannes Kitono
      Johannes Kitono
  • doni wj
    doni wj
  • Pakdhe joyo Kertomas
    Pakdhe joyo Kertomas
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
  • Adi Suprapto
    Adi Suprapto
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • imau compo
    imau compo
    • Ummi Hilal
      Ummi Hilal
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • yea aina
      yea aina
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Fa Za
    Fa Za
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Kalender Lengkap
    Kalender Lengkap
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
  • suryanto bagelen
    suryanto bagelen
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Kujang Bengkok Amburadul
      Kujang Bengkok Amburadul
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
  • Perusuh KW
    Perusuh KW
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • dolan ngetan
    dolan ngetan
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • Leong putu
      Leong putu
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • DeniK
    DeniK
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • KEY
      KEY
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • DeniK
    DeniK
    • Fa Za
      Fa Za
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong putu
      Leong putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong putu
      Leong putu
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Richolas Tjhai
    Richolas Tjhai
  • Nurkholis Marwanto
    Nurkholis Marwanto
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Richolas Tjhai
      Richolas Tjhai
    • WYG S2021
      WYG S2021
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Richolas Tjhai
      Richolas Tjhai
  • Saifudin Rohmaqèŕqqqààt
    Saifudin Rohmaqèŕqqqààt
  • Jhel_ng
    Jhel_ng
  • Hendri Ma'ruf
    Hendri Ma'ruf
    • Hendri Ma'ruf
      Hendri Ma'ruf
  • Indonesia Raya
    Indonesia Raya
  • Rully Wijayakusuma
    Rully Wijayakusuma
  • Jo Neka
    Jo Neka
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • yanto st
    yanto st
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Amat Kasela
    Amat Kasela
  • Sri Wasono Widodo
    Sri Wasono Widodo
  • Sulistyo Wantoro
    Sulistyo Wantoro
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Indonesia Raya
      Indonesia Raya
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Leong putu
      Leong putu
    • Amat Kasela
      Amat Kasela
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • rid kc
    rid kc
    • Indonesia Raya
      Indonesia Raya
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
  • adi Nugraha
    adi Nugraha
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Indonesia Raya
      Indonesia Raya
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • Indonesia Raya
      Indonesia Raya
  • alasroban
    alasroban
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Fa Za
      Fa Za
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Ummi Hilal
    Ummi Hilal
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • ra tepak pol
    ra tepak pol
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • ra tepak pol
    ra tepak pol
    • Fa Za
      Fa Za