IPW: Tembakan Gas Air Mata Polisi Pada Suporter PSIS dan Persis Solo Sesuai Prosedur

IPW: Tembakan Gas Air Mata Polisi Pada Suporter PSIS dan Persis Solo Sesuai Prosedur

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso-Pace Morris-

JAKARTA, DISWAY.ID-Indonesia Police Watch (IPW) menilai tindakan aparat kepolisian menembakkan gas air mata dalam laga PSIS vs Persis Solo di Stadion Jatidiri Semarang, Jumat, 17 Februari 2023 sudah sesuai dengan prosedur. 

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso mengatakan, polisi melakukan hal tersebut untuk mengurai serangan penonton yg besar dan mencegah terjadinya kerusuhan atau keributan yang dapat berpotensi membawa korban jiwa. 

"Petugas polisi yg menembakkan gas air mata kepada kerumunan suporter di luar stadion Jatidiri semarang adalah tindakan sesuai prosedur karena dalam rangka pengamanan dan menjaga ketertiban masyarakat," kata Sugeng kepada wartawan, Sabtu 18 Februari 2023.

BACA JUGA:Polda Jateng : Pengamanan Laga PSIS vs Persis Solo di Stadion Jatidiri Sesuai SOP

BACA JUGA:Ini Alasan Laga PSIS Semarang Vs Persis Solo Digelar Tanpa Penonton

Lebih lanjut, Sugeng menilai tindakkan menembakkan gas air mata tersebut juga masuk akal.

Sebab, dalam sebuah peraturan kepolisian membolehkan penggunaan kekuatan oleh aparat kepolisian sebelum melepaskan tembakan gas air mata. 

Misalnya, kata dia, saat mengurai kerumunan agar tertib dan peringatan untuk bubar.

"Ketika ada serangan karena terlihat para suporter melempar petugas dan terjadi kepadatan yang besar untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan mengarah kepada adanya keselamatan jiwa atau keamanan warga masyarakat, polisi berhak menembak gas air mata," tutur Sugeng.

BACA JUGA:Kerusuhan Pecah di Stadion Jatidiri, Polisi Tembakkan Gas Air Mata, Suporter PSIS Paksa Masuk

"Jadi dalam peristiwa ini tidak ada hal yg spesifik yg bisa dikatakan sebagai pelanggaran petugas kecuali ada petugas yg telah mengamankan suporter dan melakukan pemukulan itu yg tidak boleh," tutupnya. 

Untuk diketahui, laga PSIS Semarang vs Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 2022-2023 diwarnai adanya kericuhan suporter yang terjadi di luar Stadion Jatidiri, Semarang. 

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menyebut pengamanan pertandingan sepak bola laga PSIS vs Persis Solo di Stadion Jatidiri Semarang, Jumat, 17 Februari 2023 sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy mengatakan suporter PSIS rusuh karena memaksa masuk stadion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: