Apa yang Dimaksud dengan 'Morning Depression'? Begini Penjelasan dan Penyebabnya

Apa yang Dimaksud dengan 'Morning Depression'? Begini Penjelasan dan Penyebabnya

Pengertian Tentang Morning Depression-brainwellnessspa.com--

JAKARTA, DISWAY.ID - Depresi pagi adalah jenis gangguan depresi di mana individu mengalami suasana hati yang memburuk dan gejala depresi di pagi hari.

Ini dapat mencakup gejala seperti kesedihan, keputusasaan, kelelahan, energi rendah, sulit berkonsentrasi, dan lekas marah.

Orang dengan depresi pagi hari sering merasa kesulitan untuk bangun dari tempat tidur atau memulai hari mereka, dan mungkin merasakan ketakutan atau kesedihan yang luar biasa ketika mereka bangun.

BACA JUGA:Putri Candrawathi Depresi Gegara Pelecehan Seksual Disangkal Jaksa: Tidak Relevan!

Depresi pagi umumnya terlihat pada individu dengan gangguan depresi mayor, gangguan bipolar, dan gangguan afektif musiman.

Penyebab depresi pagi hari tidak sepenuhnya jelas, tetapi penelitian menunjukkan bahwa gangguan ritme sirkadian tubuh, yang mengatur siklus tidur dan bangun, mungkin berperan.

Faktor lain yang dapat menyebabkan depresi pagi hari termasuk faktor genetik, penyebab stres kehidupan, dan ketidakseimbangan neurotransmitter.

Perawatan untuk depresi pagi hari dapat mencakup kombinasi obat-obatan, psikoterapi, dan perubahan gaya hidup, seperti olahraga teratur, menjaga pola makan yang sehat, dan tidur yang cukup.

BACA JUGA:Pengakuan Takut Putri Candrawathi Setelah Brigadir J Dibunuh, ‘Saya Bermimpi Buruk dan Depresi Berat!'

Sangat penting untuk mencari bantuan profesional jika Anda mengalami gejala depresi, termasuk depresi pagi hari, karena intervensi dini dapat meningkatkan hasil dan membantu Anda mengelola gejala dengan lebih efektif.

Penyebab morning depression tidak sepenuhnya diketahui, tetapi beberapa faktor dapat memainkan peran dalam terjadinya kondisi ini, antara lain:

1. Gangguan ritme sirkadian: Sistem sirkadian tubuh mengatur siklus tidur dan bangun seseorang. Jika ritme sirkadian terganggu, ini dapat menyebabkan seseorang merasa lebih sedih dan gelisah di pagi hari.

2. Gangguan tidur: Masalah tidur seperti insomnia, tidur gelisah, atau sleep apnea dapat menyebabkan seseorang merasa lebih buruk di pagi hari.

BACA JUGA:Suami Membunuh Istri di Penginapan Jaktim, Ngaku Sering Diselingkuhi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: