Jenis Teh Ini Bisa Menurunkan Gula Darah, Silakan Coba Ampuhnya

Jenis Teh Ini Bisa Menurunkan Gula Darah, Silakan Coba Ampuhnya

Ilustrasi teh hijau-Pixabay/ dungthuyvunguyen-Pixabay/ dungthuyvunguyen

1. Penelitian Mengenai Teh Hijau

Penelitian terbaru menemukan jika konsumsi teh hijau bisa membantu menurunkan kadar gula darah serta menjaga kesehatan usus. 

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsumsi teh hijau dengan peningkatan kesehatan jantung. Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan flavonoid yang ada pada minuman tersebut serta antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol jahat.

BACA JUGA:Cek Syarat Ajukan KUR BCA 2023, Siapkan KTP atau SIM!

Teh hijau juga mampu meningkatkan kesehatan otak, memperbaiki suasana hati, sehingga mengurangi stress. Secara khusus, penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi teh hijau dapat meningkatkan kesehatan dengan cara menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan usus.

2. Bagaimana Teh Hijau Mempengaruhi Gula Darah dan Kesehatan Usus

Dengan melakukan penelitian ke 40 peserta, menemukan jika ada penurunan pada kadar gula darah mereka setelah rutin minum teh hijau.

Melanjutkan studi pada tahun 2019, sebuah studi yang belum lama diterbitkan oleh Current Developments in Nutrition mengaitkan konsumsi teh hijau dengan risiko obesitas yang lebih rendah dan peningkatan kesehatan usus saat diuji pada tikus.

Studi terbaru itu mengevaluasi kesehatan usus dari 40 peserta yang sebagiannya alami sindrom metabolik dan sebagiannya lagi normal. Setelah mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 28 hari, hasilnya kemudian dievaluasi.

BACA JUGA:Busnya Terguling di Guci, Bos Duta Wisata Sentil Sikap Rian Mahendra Soal Kronologi Kecelakaan

Ditemukan pada peserta yang selama sebulan rutin konsumsi teh hijau, jika kadar gula darah lebih rendah serta adanya penurunan peradangan usus.

Harapan dari penelitian ini, teh hijau akan mengurangi efek sindrom metabolik tersebut. Sindrom metabolik sendiri adalah sekumpulan kondisi termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol, dan gula darah tinggi yang mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa konsumsi teh hijau juga mampu mengurangi gejala penyakit pencernaan, salah satunya yaitu usus bocor.

3. Studi Menyarankan Untuk Banyak Minum Teh Hijau

Kafein pada teh hijau masih jauh lebih sedikit dibandingkan kafein pada kopi dan teh hitam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: