PT SS Utama Klarifikasi soal Video Viral Aksi Demo Pekerja yang Dipotong Gaji Rp105 Ribu: Setelah Kejadian Itu Besoknya...

PT SS Utama Klarifikasi soal Video Viral Aksi Demo Pekerja yang Dipotong Gaji Rp105 Ribu: Setelah Kejadian Itu Besoknya...

Kisruh antar karyawan PT SS Utama di Surabaya dengan manajemen perusahaan gegara gaji turun-Foto/Tangkapan Layar/TikTok-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT SS Utama, produsen sepatu Ardiles di Surabaya, Jawa Timur memberi klarifikasi terkait video viral para pekerja yang demo lantaran kebijakan pemotongan gaji Rp 105 Ribu.

Operator PT SS Utama, Eka menjelaskan bahwa video yang beredar di media sosial tersebut merupakan video lama yang direkam pada Januari 2023 lalu.

"Itu video lama. Setelah kejadian itu besoknya langsung pada masuk seperti biasa," kata Eka dalam pernyataanya dikutip Sabtu 27 Mei 2023.

BACA JUGA:Terungkap! Pengakuan PT SS Utama soal Video Viral Demo Pekerja yang Dipotong Gaji Rp 105 Ribu: Sebenarnya Itu...

Eka memastikan, bahwa keputusan para karyawan pabrik untuk kembali bekerja tanpa adanya paksaan dari perusahaan, melainkan keinginan sendiri.

"Sudah diberi tahu kalau mau kerja monggo (silakan) masuk, setelah itu besoknya anak-anak masuk seperti biasa," ujarnya.

Eka menuturkan, keputusan penurunan gaji itu terpaksa diambil perusahaan karena berkaitan dengan lesunya permintaan akibat pelemahan ekonomi global. 

"Memang nggak ada order, sepi. Ada (ekspor) tapi nggak banyak," ungkapnya

BACA JUGA:Nasib Pabrik SS Utama Ditinggal Pulang Karyawan Setelah Digertak Manajemen Perusahaan Pasca Penurunan Gaji Rp 105 Ribu

Pemerintah dan Serikat Buruh Memediasi

Mengenai hal tersebut, pemerintah dan serikat buruh setempat sedang mengkaji perihal solusi yang adil bagi kedua belah pihak. 

Pemrintah kini berharap pihak yang terlibat diharapkan dapat mencapai kesepakatan yang memperhatikan kesejahteraan buruh serta kelangsungan usaha perusahaan.

Kisruh ini menunjukkan kompleksitas dan tantangan yang dihadapi dalam menjaga keseimbangan antara kepentingan perusahaan dan kebutuhan buruh di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil.

Seperti diketahui, aksi demo massal buruh pabrik PT SS Utama, produsen sepatu Ardiles di Surabaya, Jawa Timur viral di media sosial belakangan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: