Bus Shalawat Stop Layani Jemaah Haji Indonesia 6-13 Zulhijjah 1444 H

Bus Shalawat Stop Layani Jemaah Haji Indonesia 6-13 Zulhijjah 1444 H

Bus shalawat Sektor 3 siap melayani jemaah haji yang akan berangkat ke Masjidil Haram.--Dok PPIH

MAKKAH, DISWAY.ID-- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H di Daerah Kerja (Daker) Makkah telah memberikan layanan Bus Shalawat untuk jemaah haji Indonesia.

Layanan bus Shalawat beroperasi sejak kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah pada 1 Juni 2023.

Namun pada 6-13 Zulhijjah 1444 H, Bus Shalawat yang merupakan layanan transportasi bagi jemaah dari hotel tempat mereka menginap ke Masjidil Haram, pergi dan pulang, tersebut stop beroperasi. 

BACA JUGA:Layanan Bus Transjakarta di Bandara Soetta Segera Simulasi

Layanan selama 24 jam yang biasa diberikan untuk jemaah haji, pada 6-13 Zulhijjah atau puncak haji dihentikan layanannya.

"Mulai 6 sampai 13 Zulhijjah, layanan Bus Shalawat berhenti sementara," ujar Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid di Makkah, Senin 12 Juni 2023.

"Jemaah diimbau fokus beribadah di musalla hotel masing- masing, khususnya selama tidak ada layanan Bus Shalawat. Cuaca sangat panas, jemaah bisa fokus pada persiapan fisik," pesannya.

Menurut Subhan, mulai 6 Zulhijjah, armada bus akan disiapkan untuk layanan transportasi Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Jemaah dijadwalkan mulai diberangkatkan ke Arafah pada 8 Zulhijjah. Pada 13 Zulhijjah, jemaah akan kembali dari Mina ke hotelnya masing-masing di Makkah.

"Bus Shalawat akan kembali beroperasi pada 14 Zulhijjah 1444 H sampai 6 Muharram 1445 H," tandasnya.

BACA JUGA:Soal Utang Rp 800 M, Mahfud MD Kasih Tahu Jusuf Hamka: Ditagih ke Kemenkeu

Subhan menambahkan, pihaknya telah menyiapkan 450 armada untuk layanan Bus Shalawat. Ada tiga terminal pemberhentian, yaitu: Ajyad, Mahbas Jin, dan Syib Amir.

Jemaah haji Indonesia yang tinggal di kawasan Misfalah, akan berhenti di Terminal Ajyad saat akan ke Masjidil Haram. Demikian juga saat pulang.

Sementara jemaah yang tinggal di wilayah Jarwal, Raudhah, dan Syisah, akan menggunakan Terminal Bus Syib Amir. Sementara untuk jemaah yang di Mahbas Jin, menggunakan Terminal Bab Ali.

Tahun ini, lanjut Subhan, PPIH juga menyiapkan bus ramah lansia pada rute terminal Ajyad (Misfalah) dan Syib Amir (Jarwal, Raudhah, dan Syisah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: