PPDB Banten Dimulai, Verifikasi Faktual Diberlakukan

PPDB Banten Dimulai, Verifikasi Faktual Diberlakukan

PJ Gubernur Banten, Al Muktabar -Istimewa/Rafi Adhi Pratama-

BANTEN, DISWAY.ID - Mengantisipasi kecurangan dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN/SMKN dan SKhN, Pemerintah Provinsi Banten memperkuat verifikasi faktual.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten,  Al Muktabar mengatakan pihaknya meminta setiap sekolah untuk memperkuat proses verifikasi faktual. 

Diungkapkannya, hal tersebut agar pelaksanaan PPDB online tidak diskriminatif dan memberi ruang yang semestinya kepada para siswa yang layak diterima sekolah negeri. 

BACA JUGA:Link dan Cara Pendaftaran PPDB SMA/SMK/SKh Negeri Banten Tahun 2023

Dijelaskannya, sejak Minggu (18/6) pukul 00.00 WIB pelaksanaan PPDB dimulai di Banten dimulai.

"Dan benar saja, dalam pelaksanaan PPDB online hari pertama untuk jalur afirmasi ini di SMAN 2 Kota Serang, ditemukan pendaftar yang secara dokumen masih diragukan untuk tergolong berhak melalui jalur afirmasi (kurang/tidak mampu, red). Untuk itu, saya minta pihak sekolah bisa mengecek dengan seksama, cek betul-betul, intinya perkuat verifikasi faktual," katanya kepada awak media, Selasa 20 Juni 2023.

Disebutkannya, jalur afirmasi difokuskan untuk siswa yang tidak mampu secara ekonomi. Diterangkannya, terdapat aturan yang harus dipenuhi, namun dalam sistem yang dibangun masih memerlukan verifikasi faktual.  

BACA JUGA:PPDB SMA/SMK/SKh Negeri di Banten Resmi Dilaunching, Cek Jalur dan Kuotanya

"Syaratnya cukup terukur, sehingga bagi yang memenuhi kriteria dapat segera daftar. Berdasarkan aturan, jika kuota jalur afirmasi tidak terpenuhi, maka bisa dipindahkan ke jalur lainnya khususnya zonasi. Karena setiap tahun jalur zonasi selalu melebihi kuota yang ada," sebutnya.

"Dalam zonasi pun pihak sekolah harus teliti, kebenaran tempat tinggalnya, dan saat verifikasi faktual minta orangtua tunjukkan dimana letak rumahnya, tandatangani kalau perlu," tambahnya.

BACA JUGA:Referensi PPDB 2023: Daftar 10 SMA Terbaik di Jabar dan Jatim 2023 

Pengecekan ke lapangan dilakukan selain untuk kontrol jejak pergantian waktu memastikan sistem yang dibangun berjalan dengan benar dan baik, mengecek hambatan masyarakat dalam proses pendaftaran, dan memastikan sekolah siap melayani masyarakat yang kesulitan dalam proses pendaftaran. 

"Verifikasi untuk jalur prestasi sudah bagus, tapi kalau memang qualified tetap terima secara baik. Ada juga yang tidak disiplin dengan dokumen seperti piagam atau sertifikat. Misalnya ngaji-nya bagus, salafi, tapi tidak ada piagam, itu tidak apa-apa, jangan terjebak dengan hal-hal formalitas." tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: