Dinkes DKI Tegaskan Jakarta Bebas Kasus Rabies, Ini Buktinya!

Dinkes DKI Tegaskan Jakarta Bebas Kasus Rabies, Ini Buktinya!

Ilustrasi: kasus virus rabies di Jakarta dipastikan bebas.-Foto/Dok/Andrew-

JAKARTA, DISWAY.ID - Virus rabies kini menjadi ketakutan di tengah publik dan ramai jadi perbincangan di media sosial.

Diketahui, virus rabies dapat merenggut nyawa manusia. Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI menegaskan Jakarta bebas kasus rabies

Kepala Seksi (Kasi) Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, berdasarkan kinerja yang dilakukan oleh pihaknya, diketahui Jakarta berstatus bebas menyakit Rabies sejak 6 Oktober 2004.

BACA JUGA:Polisi Tetapkan Tersangka Pada Suami yang Bakar Istri dan Anak di Cakung

BACA JUGA:Bayern Munchen Siapkan Rp 1,7 Triliun Demi Boyong Frenkie De Jong

"Tidak ada kasus rabies positif dan kematian karena rabies positif di DKI Jakarta karena status di Jakarta sudah eliminasi atau bebas rabies sejak 6 Oktober 2004," ujar Ngabila dalam keterangannya dikonfirmasi awak media, Minggu 2 Juli 2023.

Namun Ngabila menjelaskan kasus gigitan hewan penularan rabies (GHPR) di Jakarta meningkat pada Juni 2023, ada 442 kasus GHPR, kemudian 336 kasus pada Mei 2023.

"Terdapat kenaikan kasus GHPR pada bulan Juni 2023 di DKI Jakarta, Bulan Juni, ada 442 kasus. Kasus di bulan Mei, hanya 336 kasus (GHPR)," ujarnya.

BACA JUGA:359 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek

BACA JUGA:Suami Bakar Istri dan Dua Anak Hidup-hidup di Cakung, Warga Sempat dengan Suara Cekcok

Ngabila menjelaskan berdasarkan data Dinkeas DKI Jakarta, ada 218 kasus GHPR pada Januari, 255 kasus pada Februari, 256 kasus pada Maret, dan 226 kasus pada April, kemudian untuk ratusan kasus GHPR pada Juni 2023 ditangani di lima rumah sakit (RS) di Ibu Kota.

"Mayoritas (terjangkit GHPR) karena gigitan atau cakaran anjing dan kucing," ujarnya.

Ngabila mengatakan, resiko penularan yang tinggi akan penyakit rabies, pihak Dinkes DKI hingga kini telah mempersiapkan langkah-langkah pencegahan.

BACA JUGA:Kisah Horor Sopir Travel Bawa Jenazah di Jalan Tol: 'Itu Ibu yang Dibelakang Mesen Teh'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: