10 Liter Air Zamzam tak Sekaligus Diberikan ke Jemaah Haji, Begini Skema Distribusinya

10 Liter Air Zamzam tak Sekaligus Diberikan ke Jemaah Haji, Begini Skema Distribusinya

Banyak koper jemaah Haji Indonesia dibongkar petugas haji di bandara Jeddah. Banyak yang nekat membawa Air Zamzam ke dalam koper.-Azis Muhtarom/radarcirebon.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Per tahun ini, jemaah haji Indonesia dapat jatah 10 liter Air Zamzam.

Berbeda tahun-tahun sebelumnya yang hanya 5 liter, penyelenggaraan haji 1444 H kali ini setiap jemaah haji mendapat 10 liter Air Zamzam saat tiba di Indonesia.

Namun pemberian 10 liter Air Zamzam itu tak sekaligus, sebab ada kebijakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk menambah air Zamzam yang dibagikan ke jemaah tersebut.

BACA JUGA:Koper Jemaah Haji Berisi Air Zamzam Dibongkar, Kemenag Beri Jatah 10 Liter di Asrama Haji Debarkasi  

Kebijakan distribusi Air Zamzam ini diumumkan bersamaan dengan pelepasan keberangkatan jemaah kloter pertama Embarakasi Batam (BTH 01) di Syisyah-Makkah, 3 Juli 2023.

Disebutkan, Air Zamzam sudah dikemas dalam galon yang dimasukkan dalam kardus dan dibagikan ke jemaah setibanya di asrama haji debarkasi.

Air Zamzam tersebut dibawa oleh maskapai, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines, pada fase pemberangkatan jemaah haji.

"Setibanya di asrama haji debarkasi, jemaah akan menerima 5 liter air Zamzam. Untuk 5 liter tambahannya, akan diterima di Kantor Kemenag Kab/Kota pada kesempatan berikutnya," terang Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, di Makkah.

Menurut Saiful Mujab, setelah kebijakan menambah air Zamzam disepakati, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan.


Surat perihal distribusi air Zamzam kepada jemaah haji.-Ist-

BACA JUGA:Ternyata Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang Pernah Dihukum 10 Bulan Penjara

Rakor secara daring digelar untuk menyepakati teknis pengiriman air Zamzam tambahan bagi jemaah haji Indonesia.

"Kami dan maskapai sepakat untuk mengirim air Zamzam tambahan untuk jemaah haji Indonesia secara bertahap," ujar Saiful.

"Setelah sampai di Tanah Air, air Zamzam tambahan ini akan didistribusikan ke Kemenag Provinsi untuk diteruskan ke Kankemenag Kabupaten/Kota," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: