Punya Ciri Khas Terowongan Kembar Terpanjang, Inilah Jalan Tol Cisumdawu yang Diresmikan Jokowi

Punya Ciri Khas Terowongan Kembar Terpanjang, Inilah Jalan Tol Cisumdawu yang Diresmikan Jokowi

Ruas Tol Cisumdawu yang diresmikan Presiden Jokowi, Selasa 11 Juli 2023. -BPJT-

Jalan Tol Cisumdawu memiliki 5 buah Simpang Susun (SS) yakni SS Pamulihan, SS Sumedang, SS Cimalaka, SS Legok, SS Ujung Jaya, dan 2 Junction yakni Junction Cileunyi dan Junction Dawuan dan menjadi salah satu Jalan Tol terindah di Indonesia dengan dikelilingi pemandangan Gunung Tampomas, Manglayang, dan Patuha.

Tol Cisumdawu baru saja diresmikan Presiden Jokowi. Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan, "Dengan mengucap bismillah, pada pagi hari ini saya resmikan jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan. Jalan Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat."

BACA JUGA:Diresmikan Jokowi, Tarif Tol Cisumdawu Gratis Selama 3 Minggu

Jokowi menyatakan bahwa dengan dukungan pihak swasta, Tol Cisumdawu menghabiskan anggaran hingga Rp 18,3 triliun. 

Diharapkan pembangunan jalan tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini akan mempermudah akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

BACA JUGA:Resmikan Tol Cisumdawu, Presiden Jokowi: Akan Dukung Akses Bandara Kertajati yang Akan Beroperasi Penuh

Dia mengatakan, "Pembangunan jalan tol Cisumdawu ini menghabiskan Rp 18,3 triliun, dengan pemerintah memberikan Rp 9,07 triliun dan KPBU swasta memberikan sisanya."

Peresmian Tol Cisumdawu sebelumnya dilakukan di Gerbang Tol (GT) Ujung Jaya Utama, tetapi sekarang beralih ke Terowongan Kembar, yang memiliki panjang 472 meter.

Orang Nomor 1 di Indonesia itu menyatakan bahwa pembangunan Tol Cisumdawu dilakukan untuk membantu operasi BIJB Kertajati.

BACA JUGA:Polisi Sebar 60 CCTV di Ruas Tol Cisumdawu untuk Pantau Gerakan Pemudik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: