Polisi Sebar 60 CCTV di Ruas Tol Cisumdawu untuk Pantau Gerakan Pemudik

Polisi Sebar 60 CCTV di Ruas Tol Cisumdawu untuk Pantau Gerakan Pemudik

Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka-Dawuan Siap Fungsional untuk Mudik Lebaran 2023-Istimewa-PUPR

BANDUNG, DISWAY.ID - Polisi menyebar 60 kamera pengawas atau CCTV yang disimpan di titik-titik Tol Cisumdawu, dalam pelaksanaan arus mudik lebaran 2023. 

Kamera CCTV ini dipasang di tol sepanjang 62 km yang bisa menghubungkan perjalanan dari Bandung Raya menuju wilayah Jawa Tengah.

"CCTV yang kami siapkan di Tol Cisumdawu ada lebih dari 60 titik untuk memantau pergerakan pemudik,” kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo dikonfirmasi, Selasa 18 April 2023.

BACA JUGA:Selain Pengadaan CCTV, KPK OTT Wali Kota Bandung Terkait Jaringan Internet

Ia mengungkapkan, puluhan kamera pengawas itu minta disebar di beberapa lokasi yang berpotensi rawan saat dilalui pemudik.

Kamera dipasang khususnya di beberapa spot yang masih gelap saat malam hari maupun di tempat rest area sementara. 

BACA JUGA:CCTV di Sekitar TKP Kecelakaan Anak Karo Ops Polda NTB Diamankan

“Saya sudah minta CCTV ini khususnya di jalur-jalur yang memang menjadi trouble spot. Karena ada beberapa titik yang memang gelap, ada pemanfaatan jalur sebagai rest area, nah itu perlu untuk membantu tingkat keamanannya,” tuturnya.

Wibowo menjelaskan, Tol Cisumdawu saat mudik nanti akan dibatasi pengoperasiannya. Pemudik hanya bisa melewati tol itu mulai pukul 06.00 – 15.00 WIB, lantaran akses dari GT Cimalaka KM 186 hingga GT Ujungjaya Utama KM 216 belum memadai. 

"Pas sore ke malam hari, ini jalannya berkabut. Makanya kami siapkan sampai jam segitu karena untuk keselamatan masyarakat juga," ujarnya.

BACA JUGA:Kapolri: Mulai Ada Peningkatan Arus Mudik 30 Persen ke Arah Timur

BACA JUGA:Kapolri Lepas 23.439 Pemudik Program Mudik Gratis Polri Presisi 2023

Menurutnya, saat ini belum tersedia rest area resmi yang berada di Tol Cisumdawu.

Adapun saat momen mudik lebaran tahun ini, akan dibangun rest area sementara yang titiknya berada di KM 194 hingga KM 195 jalur B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: