Bacaan Niat Sholat Hajat Arab Latin Lengkap dengan Tata Cara

Bacaan Niat Sholat Hajat Arab Latin Lengkap dengan Tata Cara

Tata Cara dan Doa dalam Sholat Hajat-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID-Bagi setiap orang, hidup tidak selalu mudah. Banyak rintangan mesti dilalui demi meraih apa yang diharapkan.

Dalam menjalani prosesnya, ketika terdapat cita-cita, keinginan khusus yang benar-benar kita dambakan, kita dianjurkan melaksanakan sholat hajat.

Sholat hajat biasanya dijalankan manusia yang sedang memiliki keinginan agar dikabulkan Allah SWT. 

BACA JUGA:Lengkap! Tata Cara Sholat Hajat, Doa, dan Waktu

Sholat hajat yang sunnah ini dijalankan setelah kita berusaha dengan segala kemampuan untuk mewujudkan mimpi dan keinginannya tersebut. 

Setelah melakukan ikhtiar sekuat tenaga, kita memasrahkan hasilnya kepada Allah SWT sambil terus memohon dengan melakukan sholat hajat.

Dalam kitab al-Adzkar karya Imam an-Nawawi (w 676 H) dikutip hadits yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi (279 H) mengenai anjuran sholat hajat:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَنْ كَانَتْ لَهُ إِلَى اللَّهِ حَاجَةٌ أَوْ إِلَى أَحَدٍ مِنْ بَنِيي آدَمَ، فَلْيَتَوَضَّأْ وَلْيُحْسِنِ الْوُضُوءَ، ثُمَّ لْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ لِيُثْنِ عَلَى اللَّهِ، وَلْيُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،…

dari Abdullah bin Abu Aufa dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Seseorang yang memiliki hajat (keinginan) kepada Allah atau kepada manusia, hendaklah dia berwudHu dengan menyempurnakan wudunya, lalu melaksanakan shalat dua rakaat, memuji kepada Allah, membaca shalawat kepada Nabi SAW.” (HR at-Tirmidzi)

Niat shalat hajat

BACA JUGA:Sholat Dhuha Tanpa Bacaan Surat Ad-Duha, Tetap Sah? UAS: Hukumnya Adalah...

Adapun niat dari sholat hajat adalah:

اُصَليْ سُنةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillaahi ta’aala (saya sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: