10 Mata Uang Negara Terendah di Dunia 2023, Rupiah Termasuk?

10 Mata Uang Negara Terendah di Dunia 2023, Rupiah Termasuk?

Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS-ilustrasi-JPNN

Rial Iran menjadi mata uang terlemah di dunia. Konversi 1 rial adalah 0,000024 dollar AS atau 1 dollar AS sama dengan 42,273 IRR.

Hal ini disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti sanksi internasional, inflasi tinggi, dan ketidakstabilan politik. Nilai yang rendah ini berdampak pada kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat Iran, termasuk kesulitan dalam mengakses barang-barang impor.

3. Dong Vietnam (VND)

Dong Vietnam memiliki nilai yang rendah dan sering kali berada di peringkat terendah dalam daftar mata uang dunia. 

Dalam daftar mata uang terendah di dunia adalah Dong Vietnam. Nilai tukar 1 dong Vietnam adalah 0,000042 dollar AS atau 1 dollar AS setara dengan 23.711 VND.

Meskipun Vietnam telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, mata uangnya 

masih menghadapi tantangan akibat inflasi dan perbedaan daya beli yang besar.

BACA JUGA:Hasil Drawing Liga Champions UEFA 2023/2024

4. Franc Guinea (GNF)

Franc Guinea adalah mata uang terendah kedelapan di dunia. Nilai tukar 1 franc adalah 0.000116 dollar AS atau 1 dollar AS sama dengan 8.583 GNF.

Meskipun memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti emas dan berlian, Guinea, sebuah negara di Afrika sub-Sahara dan bekas jajahan Prancis terganggu oleh inflasi tinggi yang menekan franc Guinea.

5. Rupiah Laos (LAK)

Kip Laos juga masuk dalam daftar mata uang terendah di dunia. Nilai tukar 1 Kip Laos adalah 0,000052 dollar AS atau 1 dollar AS setara dengan 19.072 LAK.

Pertumbuhan ekonomi yang lambat, peningkatan utang luar negeri, dan inflasi tinggi memberikan tekanan pada pelemahan mata uang Laos.

Meskipun Laos telah melihat pertumbuhan ekonomi, nilai mata uangnya tetap rendah karena inflasi dan faktor-faktor lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: