18 Makanan Sebagai Pembersih Paru-Paru

18 Makanan Sebagai Pembersih Paru-Paru

Bit membantu meningkatkan fungsi paru-paru.-Screnshoot/YouTube-

16. Jelai

Barley adalah biji-bijian bergizi yang tinggi serat. Pola makan tinggi serat yang kaya akan biji-bijian telah terbukti memiliki efek perlindungan pada fungsi paru-paru dan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit yang berhubungan dengan paru-paru.

Antioksidan yang ditemukan dalam biji-bijian seperti flavonoid dan vitamin E juga meningkatkan kesehatan paru-paru dan melindungi dari kerusakan sel

17. Ikan Teri

Ikan teri adalah ikan kecil yang mengandung lemak omega-3 anti-inflamasi, serta nutrisi lain yang meningkatkan kesehatan paru-paru seperti selenium, kalsium, dan zat besi.

Mengonsumsi ikan kaya omega-3 seperti ikan teri mungkin sangat bermanfaat bagi penderita penyakit radang paru-paru seperti COPD. 

BACA JUGA:Kolaborasi GE HealthCare Indonesia dan PERDATIN, Hadirkan Patient Monitor Dalam Negeri Berstandar Internasional

BACA JUGA:Apa Itu Virus Nipah? Waspada Sudah Dua Orang Meninggal Dunia, Cek Gejala sampai Cara Pencegahannya!

Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa asupan lemak omega-3 yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan gejala COPD dan peningkatan fungsi paru-paru.

Terlebih lagi, mengonsumsi makanan kaya omega-3 dapat membantu mengurangi gejala pada penderita asma

18. Kakao

Produk kakao dan kakao seperti coklat hitam mengandung antioksidan flavonoid yang tinggi dan mengandung senyawa yang disebut theobromine, yang membantu mengendurkan saluran udara di paru-paru.

Asupan kakao telah dikaitkan dengan penurunan risiko gejala alergi pernafasan dan dapat membantu melindungi terhadap kanker paru-paru.

Sebuah penelitian yang melibatkan 55.000 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak flavonoid dari makanan, termasuk produk coklat, memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan orang yang memiliki pola makan rendah flavonoid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: