Makna Mahfud MD Pakai Kemeja Hijau Saat Diumumkan Jadi Cawapres 2024 di DPP PDI Perjuangan, Terkait NU dan PPP?

Makna Mahfud MD Pakai Kemeja Hijau Saat Diumumkan Jadi Cawapres 2024 di DPP PDI Perjuangan, Terkait NU dan PPP?

Mahfud MD mengenakan kemeja warna hijau dengan motif batik saat diumumkan sebagai Cawapres di kantor DPP PDI Perjuangan, Rabu 18 Oktober 2023.-ist-

Ray Rangkuti menilai, warna hijau dikenakan Mahfud MD memiliki keterkaitan dengan PPP yang merupakan partai anggota koalisi pengusung Ganjar Pranowo.

"Biasanya, capres itu kan jatah untuk partai pendukung pertama, dalam hal ini PDI P. Nah, untuk partai pendukung kedua, itu ditentukan oleh partai pendukung kedua," ujar Ray Rangkuti.

Makna kedua, sambung Ray Rangkuti, warna hijau simbol kedekatan Mahfud MD dengan PPP dan kelompok Islam.

"Ada pertemuan antara nasionalis yang diwakili Pak Ganjar sebagai capres dengan religius yang diasosiasikan dengan Pak Mahfud yang mewakili pemilih religius, pemilih Islam moderat, kelompok agama," ujarnya dalam siaran langsung Kompas TV.

Diketahui, Mahfud MD selama ini memang memiliki kedekatan dengan NU. Ia dibesarkan dalam kultur NU dan pesantren.

Belum lama ini, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf menegaskan, bahwa Mahfud MD merupakan seorang kader NU.


Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat umumkan Mahfud MD sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo-YouTube PDIP-

"Pertemuan ini untuk mengonfirmasi bahwa meskipun Pak Mahfud (itu) MD, tetapi Beliau NU," tegas Gus Yahya, Kamis 22 September 2023, usai pertemuan PBNU dengan Menkopolhukam Mahfud MD di Jakarta.

Saat itu, Mahfud MD bersama Gus Yahya membicarakan banyak hal, di antaranya terkait Pemilihan Pemilu 2024.

Megawati Soekarnoputri melalui pidatonya saat mengumumkan Cawapres PDI Perjuangan menyebutkan, bahwa Mahfud MD bukanlah orang asing bagi dirinya terlebih pernah sama-sama di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

BACA JUGA:Panduan Lengkap Peringatan Hari Santri 2023 Termuat di SE Kemenag, Berikut Logo Hingga Temanya

BACA JUGA:Rencana Spin Off Bandara Soekarno-Hatta dan I Gusti Ngurah Rai Bali Terungkap Tujuannya

Megawati juga mengatakan sangat mengerti dan mengenal cara berpikir Mahfud MD.

Bahkan Megawati mengatakan Mahfud MD merupakan pendekar hukum yang membela rakyat kecil atau wong cilik. 

"Kita akan bersama menjadi partai yang berempat yg akan mengusung pak Ganjar dan pak Mahfud dan Insyaalllah dengan pertolongan Allah dan Rakyat Indonesia kedua beliau bisa menjadi presiden dan wakil presiden," kata Megawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: