Harga BBM Pertamina Diproyeksi Naik Pada 1 November 2023, ESDM: Biasanya Ada Koreksi Setiap Bulannya

Harga BBM Pertamina Diproyeksi Naik Pada 1 November 2023, ESDM: Biasanya Ada Koreksi Setiap Bulannya

Pertamina berharap pemerintah bisa berlakukan kebijakan kendaraan yang nunggak pajak dibatasi konsumsi Pertalite dan Solar-Foto/Reza-

JAKARTA, DISWAY.IDHarga BBM Pertamina diproyeksi naik pada 1 November 2023, di mana pihak Kementerian ESDM menjelaskan bahwa biasanya ada koreksi setiap bulannya.

Meskipun adanya koreksi setiap bulannya, pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM menegaskan bahwa penyesuaian harga mengituti aturan yang berlaku.

Selain itu ESMD juga menjelaskan bahwa Pertamina tidak boleh menjual BBM non-subsidi di atas harga yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA:Densus 88 Sita AK47 Hingga Bahan Peledak dari 59 Tersangka Teroris di Sejumlah Wilayah

BACA JUGA:Microfon Masinton Pasaribu Mendadak Mati Saat Ajukan Hak Angket Atas Mahkamah Konstitusi di Sidang Paripurna DPR RI II 2023

Sedangkan pada 1 Oktober lalu pihak Pertamina juga telah melakukan penyesuaian harga BBM non subsidi, mulai dari Pertamax, Pertamax Green 95, Pertamax Turbo, Dexlite hingga Pertamina Dex.

Adapu harga baru BBM Pertamina non subsidi per 1 Oktober untuk wilayah DKI Jakarta, di mana Pertamax menjadi Rp14.000 per liter, Pertamax Green 95 menjadi Rp16.000 per liter dari sebelumnya Rp15.000.

Pertamax Turbo naik dari Rp15.900 per liter menjadi Rp16.600, Dexlite menjadi Rp17.200 per liter dari sebelumnya Rp16.350 dan Pertamina Dex dari Rp16.900 per liter menjadi Rp17.900 per liter.

BACA JUGA:Syahrul Yasin Limpo Diperiksa di Bareskrim Polri Atas Dugaan Pemerasan Oleh Pimpinan KPK

BACA JUGA:Kondisi Istri dari Bapak yang Tewas Bersama Anak di Koja Diungkap Kepolisian

Adaoun penyesuaian harga ini berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Kenaikan harga BBM Pertamina ini juga diikuti oleh harga BBM SPBU swasta Shell, Vivo, dan BP AKR.

Meskipun mengalami kenaikan, namun harga BBM Pertamina masih lebih rendah dibandingkan BBM SPBU swasta, seperti BBM RON 92 milik Pertamina yakni Pertamax dengan harga Rp 14 ribu per liter untuk Oktober masih lebih rendah dibandingkan harga kompetitor.

BACA JUGA:Rencana 40 Tersangka Teroris JAD Diungkap Polri: Mereka Ingin Gagalkan Pemilu 2024 Karena Anggap Pesta Demokrasi Adalah Maksiat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: