Ngaku Noordin M Top, Pelajar SMA yang Nge-Prank Ancam Bom di Koja Dipastikan Tak Terafiliasi Kelompok Teroris

Ngaku Noordin M Top, Pelajar SMA yang Nge-Prank Ancam Bom di Koja Dipastikan Tak Terafiliasi Kelompok Teroris

Tangkapan layar isi pesan ancaman bom di Koja Trade Mall -Dok. Polsek Koja-

JAKARTA, DISWAY.ID - Polsek Koja mengamankan 6 pelajar SMA yang membuat prank teror bom di Koja Trade Mall, Jakarta Utara. 

Berdasarkan penyelidikan, diketahui aksi prank teror bom itu awalnya untuk menjahili temannya.

 BACA JUGA:Penyebar Hoax Bom di KTM Diamankan

BACA JUGA:Tebar Ancaman Bom, Enam Pelajar SMA di Koja Dicokok Polisi

Hebohnya lagi, dalam candaan itu pelaku mengatasnamakan Noordin M Top yang diketahui sebagai gembong jaringan teroris. Setelah dipastikan nihil bom, polisi memastikan para pelaku tidak terafiliasi jaringan teroris.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan kami kepada para orang terduga mereka belum terafiliasi ataupun tidak terafiliasi dengan jaringan-jaringan teroris tertentu," kata Kapolsek Koja Kompol Muhammad Syahroni kepada wartawan, Kamis 2 November 2023. 

Saat pesan singkat prank teror bom di Koja Trade Mall dilaporkan pihak manajemen Mall kepolisian melakukan penelusuran latar belakang mereka. Termasuk melakukan wawancara kepada orang tua dan pihak sekolah.

"Selanjutnya kita buktikan dengan wawancara dengan pihak keluarga dan pihak sekolah dan semuanya kita nyatakan steril atau tak terkait dengan jaringan teroris. Namun apabila di kemudian hari ada hal-hal yang perlu kita dalami lagi, kebetulan kita sudah data-data masuk pastinya akan memanggil saksi-saksi ataupun data penguat lainnya yg bisa menjerat mereka," imbuhnya.

BACA JUGA:Kabar Bom di Trade Mall Bekasi Dipastikan Hoax

BACA JUGA:Koja Trade Mall Terima Ancaman Bom dari Followers IG, Polisi Sisir Lokasi

Adapun motif para pelaku berani mengatasnamakan Noordin M Top dalam membuat prank teror bom berdasarkan spontanitas belaka. Awalnya, pelaku ingin membuat prank kepada rekannya berinisial H namun diunggah di akun media sosial. 

"Itu hanya terlintas saja. Spontan, spontanitas, dari pada mereka dan murni ini mereka ingin nge-prank ke saudara H ini karena dinilai gemulai, halu, atau lemah gemulai," tuturnya.

Adapun sosok yang membuat foto profil WhatsApp dengan wajah Noordin M Top adalah FA. Pelajar tersebut mengganti foto profil seolah-olah Noordin M Top menge-chat pelajar berinisial H.

BACA JUGA:Serangan Udara Israel Jatuhkan Diduga 'Bom Fosfor' 6 Ton di Kamp Pengungsi, RS Indonesia di Jabaliya Kebanjiran Kantong Jenazah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: