Korban Jiwa Sudah Capai 11.078 Orang, KTT OKI Hasilkan 31 Keputusan Kuat dan Keras Kecam Agresi Israel

Korban Jiwa Sudah Capai 11.078 Orang, KTT OKI Hasilkan 31 Keputusan Kuat dan Keras Kecam Agresi Israel

Ilustrasi kondisi Gaza yang dibombardir oleh Israel-Telegram/@Alqassam-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menghasilkan resolusi yang berisi 31 keputusan kuat dan keras, untuk penghentian konflik Israel-Palestina di Jalur Gaza.

“Pesan-pesan yang ada di dalam resolusi itu hampir semua dari kami, merupakan pesan yang paling keras yang pernah dilakukan oleh OKI sejauh ini,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, dalam pernyataan tertulis, Sabtu 11 November 2023.

BACA JUGA:Pidato Jokowi Tegas, Agresi Israel di Gaza Kejam, RS Indonesia Terancam: 190 Pemimpin Negara Tertidur

Resolusi tersebut, kata Retno, juga menunjukkan kesatuan posisi OKI terhadap situasi di Gaza yang sangat memprihatinkan.

Melalui resolusi tersebut, para pemimpin OKI termasuk Presiden Joko Widodo, mengecam agresi Israel di Gaza dan mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk bertindak menghasilkan resolusi.

BACA JUGA:Israel Tolak Gencatan Senjata ke Gaza, Hizbullah Siapkan Rudal Baru 'Burkan'

Sehingga kekejaman dapat segera diakhiri, bantuan dapat masuk, dan pentingnya mematuhi hukum internasional.

“OKI juga mendesak DK PBB untuk mengeluarkan resolusi guna mengecam perusakan rumah sakit di Gaza oleh Israel,” tegas Retno.

Beberapa forum internasional akan digunakan untuk menuntut pertanggungjawaban Israel antara lain melalui Mahkamah Pidana Internasional atau ICC, dan Dewan HAM.


Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)-Telegram/@Alqassam-

Dalam resolusi itu, OKI mengecam pemindahan paksa 1,5 juta warga Palestina dari utara ke selatan Gaza, yang menurut Konvensi Jenewa ke-4 merupakan kejahatan perang serta mengecam standar ganda dalam penerapan hukum internasional.

OKI mendorong dimulainya proses perdamaian yang sungguh-sungguh dan genuine untuk mencapai perdamaian berdasarkan solusi dua negara.

BACA JUGA:Haaland Lantang Suarakan Perdamaian Israel-Palestina: Anak-anak Tak Bersalah Tidak Boleh Mati

“Resolusi juga menolak usulan untuk memisahkan Gaza dari Tepi Barat termasuk Yerusalem Timur, dan menegaskan bahwa Gaza dan Tepi Barat adalah satu kesatuan,” tutur  Retno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: