Ramai Ajakan Boikot Produk Israel, Jusuf Kalla Minta Masyarakat Nikmati yang Telah Diberi Label Halal

Ramai Ajakan Boikot Produk Israel, Jusuf Kalla Minta Masyarakat Nikmati yang Telah Diberi Label Halal

Jusuf Kalla mantap memilih dan dukung Anies Baswedan-Instagram-

Sebelumnya, Jusuf Kalla juga mengungkapkan, Militer Indonesia tidak serta merta bisa membantu Palestina ke Gaza untuk turut melawan Israel.

Meski Indonesia memiliki komitmen mendukung perjuangan bangsa Palestina, bantuan militer tidak bisa dilakukan lantaran bakal mengalami sejumlah kendala. 

BACA JUGA:Jusuf Kalla Ungkit Kendala Militer Indonesia Jika Bantu Palestina ke Gaza

Ia mengungkit kendala yang dihadapi Indonesia jika mengirim bantuan militer ke Palestina, di antaranya terkait letak geografis dan sumber daya masa kini.

“Saya kira sulit juga, jauh sekali. Kalau militer kita jauh, kemudian juga kita juga tidak terlalu kuat untuk berperang besar seperti itu pada dewasa ini ya,” ungkap JK di Monas, Jakarta Pusat, Minggu 5 November 2023.

Menurutnya, pada masa lalu kekuatan militer yang membantu Palestina antara lain Mesir, Suriah, dan Yordania.

Sedangkan keadaanya sekarang berbeda, karena sebelumnya negara-negara tersebut dapat turut andil lantaran dibantu oleh Rusia.

“Ya semua gerakan-gerakan yang non pemerintah (seperti di Libanon), karena mereka juga lemah secara militer, secara ekonomi, negara-negara itu. Juga dibantu oleh Rusia, Rusia juga lemah sekarang, jadi sulit, terkecuali dengan gerakan untuk kemanusiaan,“ jelas JK.

BACA JUGA:Usai Firli Bahuri Tersangka, Kapolda Irjen Karyoto Ungkit Penahanan

Saat ini, sambung JK, Indonesia untuk terus melancarkan diplomasi kemanusiaan besar-besaran.

Selain itu, meminta agar seluruh bangsa bersatu untuk mendesak Israel menghentikan serangan ke Palestina, terutama negara-negara Islam di Timur Tengah.

"Karena itu kita semua di sini bersatu, juga negara-negara islam di Timur Tengah di Arab agar bersatu bersama-sama," lanjutnya.

JK mendesak agar Amerika Serikat mengintervensi Israel untuk mengakhiri serangan ke Palestina.

"Mari kita juga menyerukan Amerika menghentikan dukungannya kepada Israel, dan Israel akan sadar akan kemanusiaan dan kita semua. Mari kita semua bersatu," ujarnya.

Sementara Wapres Ma’ruf Amin meminta, seluruh elemen masyarakat dapat menyikapi secara hati-hati terkait fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: