Minum Kopi Instan Berbahaya untuk Kesehatan? Simak Faktanya Berikut Ini

Minum Kopi Instan Berbahaya untuk Kesehatan? Simak Faktanya Berikut Ini

UMKM produsen Kopi -ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Minuman berbahan dasar kopi sudah seperti kudapan yang rutin diminum masyarakat hampir setiap hari termasuk kopi dalam kemasan atau instan. 

Selain harganya murah, kopi instan juga mudah didapat dan gampang disajikan kapanpun dan di manapun. 

BACA JUGA:Awas, Jangan Keseringan Minum Kopi Setelah Makan Siang, Ini Efek Sampingnya

BACA JUGA:Gerbang Pronas Rekomendasikan Produk Nasional Lawan Israel, Mulai dari Hisana, Kopi Tuku Hingga Le Minerale

Namun, banyak informasi atau mitos jika kopi instan memiliki kandungan zat yang kurang baik bagi tubuh. Jika kita sering meminum kopi tentu akan erat kaitannya dengan kondisi kesehatan konsumennya. 

Benarkah kopi instan sebahaya itu? 

Pada dasarnya kopi instan mengandung antioksidan dan sejumlah nutrisi untuk tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi diyakini bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan yang terkait. 

Seperti halnya kopi biasa, kopi instan juga bisa mengandung banyak antioksidan kuat. Menurut sebuah penelitian, kopi instan mengandung antioksidan tertentu dalam jumlah lebih tinggi dibandingkan minuman lainnya.

Hal ini karena cara pengolahannya banyak melewati proses kimiawai dan zat organik. Selain itu, kopi instan juga mengandung kalori, sedikit potasium, magnesium, dan niasin (vitamin B3). Kabar baiknya kopi instan memiliki lebih sedikit kafein dibandingkan kopi biasa.

BACA JUGA:Nah Loh! Kembaran Mirna Salihin Bereaksi Soal Jessica Wongso Imbas Rilis Film Kopi Sianida, Menohok Singgung Iblis dan Malaikat

BACA JUGA:Masya Allah! dr Zaidul Akrab Anjurkan Minum Kopi saat Lapar di Malam Hari: Bukan Kopi Sachet

Namun, takaran sajian Kopi instan wajib diperhatikan karena minuman ini mengandung sejumlah bahan kimia yang bernama Akramilda. Menariknya, kopi instan mungkin mengandung akrilamida dua kali lebih banyak dibandingkan kopi segar yang disangrai. 

Campuran akrilamida saat proses penggilingan membuat peminum kopi instan tak boleh terlalu sering mengonsumsi berlebihan. Jika berlebihan, konsumen rentan mengalami kerusakan sistem saraf dan meningkatkan risiko kanker. 

Oleh sebab itu, minta kopi instan tidak perlu menimbulkan kekhawatiran mengenai paparan akrilamida. Jadi, apakah kopi instan baik untuk kesehatan? Seperti kopi biasa, kopi instan dapat menunjang kesehatan, jika dikonsumsi tidak berlebihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: