8 Kelebihan Terowongan 'Metro Gaza' Hamas, Tak Bisa Ditembus Teknologi Canggih Israel

8 Kelebihan Terowongan 'Metro Gaza' Hamas, Tak Bisa Ditembus Teknologi Canggih Israel

8 Kelebihan terowongan Hamas, salah satunya tak bisa ditembus teknologi canggih Israel-Tangkapan Layar/Instagram-

Awalnya digunakan untuk penyelundupan untuk melewati blokade dan memfasilitasi impor berbagai macam barang seperti elektronik, bahan bangunan, bahan bakar, dan senjata, terowongan ini telah berkembang menjadi jaringan kompleks dengan tujuan militer defensif dan ofensif.

Diperkirakan membentang lebih dari 500 km dan mencapai kedalaman 50-80 meter, menurut para ahli, terowongan tersebut berisi tempat tinggal, dan depot pasokan, serta memberikan keamanan dan mobilitas bagi para pejuang.

2. Terbukti Efektif Banyak Perang

BACA JUGA:Netizen Turki Gabung Dengan JulidFiSabilillah, Serangan ke Israel Makin Massiv

BACA JUGA:Gempa Bumi di Filipina Terasa Sampai Jepang, Sebabkan Tsunami Kecil di Pulau Hachijojima

Terowongan tersebut memainkan peran penting dalam perang tahun 2014, dimana Israel mengklaim telah menghancurkan sekitar 32 terowongan, hanya sebagian kecil dari perkiraan 1.300 terowongan. 

Israel menanggapi perang tersebut dengan berbagai tindakan penanggulangan, termasuk membangun penghalang keamanan senilai 1 miliar dolar dengan sistem deteksi dan tembok bawah tanah.

Dalam perang yang terjadi saat ini, rumah sakit Al-Shifa, yang terbesar di wilayah pesisir, baru-baru ini menjadi pusat upaya Israel untuk menargetkan infrastruktur terowongan.

Meskipun Israel gagal menunjukkan bukti keberadaan pusat komando dan kendali Hamas di bawah garis pantai. fasilitas kesehatan. seperti yang digambarkan dalam video pada akhir Oktober.

Penghancuran dan penutupan jaringan terowongan ini dianggap penting oleh Israel dalam membangun kendali penuh atas Gaza dan memastikan pembebasan sandera.

BACA JUGA:Kembali Iron Dome Error, Rudal Zionis Hancurkan Sejumlah Bangunan di Tel Aviv

BACA JUGA:Kompetisi Tech di Tiongkok, Wakil Indonesia Aruna Runner Up Pertama di Babak Final

3. Menyergap Tentara Israel Lebih Cepat

Terowongan tersebut sejauh ini berguna bagi Hamas dalam menyergap pasukan Israel selama pergerakan mereka di Gaza, sebagaimana dibuktikan oleh video yang dirilis oleh kelompok tersebut, sekaligus memungkinkan pergerakan cepat di posisi bawah tanah.

Namun, pembongkaran total terowongan Hamas akan menimbulkan kerugian besar bagi Israel, baik dari segi waktu maupun risiko. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: