8 Kelebihan Terowongan 'Metro Gaza' Hamas, Tak Bisa Ditembus Teknologi Canggih Israel

8 Kelebihan Terowongan 'Metro Gaza' Hamas, Tak Bisa Ditembus Teknologi Canggih Israel

8 Kelebihan terowongan Hamas, salah satunya tak bisa ditembus teknologi canggih Israel-Tangkapan Layar/Instagram-

Terowongan bervariasi, mulai dari struktur yang tahan beton hingga struktur yang terbuat dari batu, sehingga menimbulkan tantangan seperti masalah kelembapan, rembesan, dan air. 

“ Kompleksitas faktor-faktor ini menggarisbawahi perlunya navigasi dan komunikasi yang cermat dalam lingkungan terowongan,” kata Munaretto. 

BACA JUGA:Penembakan di Tengah Gencatan Senjata Hamas Israel di Yerusalem

BACA JUGA:Siap Bantu Palestina, 10 Ribu Pasukan Houthi Mulai Bergerak ke Perbatasan Israel

8. Tentara Elite Israel pun Menyerah 

Di antara unit khusus di tentara Israel, Cohen menyoroti unit teknik khusus yang disebut 'Yahalom', yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah terowongan, dan didukung oleh unit seperti Sayfan dan Samur. 

Sebagai salah satu unit terbesar di dunia yang didedikasikan untuk peperangan bawah tanah, unit ini berfokus pada pelatihan, perlengkapan, dan pengembangan strategi inovatif. 

Upaya kolaboratif dengan polisi, unit intelijen, dan unit anjing Oketz meningkatkan kemampuan melawan ancaman bawah tanah, selain peralatan khusus seperti sensor tanah, radar, dan robot yang dikendalikan dari jarak jauh. 

Alat-alat ini, dikombinasikan dengan teknologi komunikasi bawah tanah dan penglihatan malam, memberikan pendekatan komprehensif untuk mengatasi ancaman di lingkungan bawah tanah yang gelap dan kompleks. 

Namun, Munaretto menjelaskan bahwa pengerahan personel militer dalam perang terowongan bergantung pada nilai yang dirasakan dari tujuan tersebut. 

BACA JUGA:Momen Kedekatan Pejuang Hamas dengan Tahanan Israel Begitu Harmonis saat Pelepasan

BACA JUGA:Warga Gaza Gotong Royong Bersihkan RS Indonesia: Akan Kami Bersihkan Agar Kembali Dibuka

Keputusan untuk mengirim personel, kebutuhan suku cadang, dan kecepatan pergerakan bergantung pada kepentingan strategis tujuan tersebut. 

Memastikan lingkungan bebas konflik sangatlah penting, dengan adanya personel yang mengamankan area tersebut dan mengatasi komplikasi selama evakuasi di lingkungan yang gelap dan tidak bersahabat. 

Dari sudut pandang Hamas, situasinya berbeda. Berada di wilayah asalnya di dalam terowongan, ia mendapat manfaat dari tinggal terus-menerus di area tersebut, sehingga menghasilkan ketangkasan dan keakraban dengan setiap detail jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: