Ini Dia 11 Nama Panelis Debat Capres-Cawapres Tahap Pertama

Ini Dia 11 Nama Panelis Debat Capres-Cawapres Tahap Pertama

Komisioner KPU RI, August Mellaz mengumumkan 11 nama panelis untuk debat capres-cawapres tahap pertama.-Intan Afrida Rafni-

11. Dekan Fisipol UGM, Wawan Mas’udi 

Komisioner KPU RI, August Mellaz mengatakan, 11 panelis tersebut akan dikarantina selama tiga hari untuk merumuskan pertanyaan debat capres-cawapres tahap pertama.

BACA JUGA:Setelah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto Bakal Kunjungi IKN

"Ini ada 11 panelis yang kami sudah hubungi dan bersedia sejak kemarin. Nah kemudian tanggal 10, mulai besok kami akan karantina sampai tanggal 13 di Jakarta untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan disusun oleh panelis," ujar August Mellaz di Kantor KPU RI, Sabtu, 9 Desember 2023.

"Kami nanti akan diskusi dengan tema besarnya dan kemudian bagaimana rumusan-rumusan pertanyaan, termasuk bagaimana tata kelola dari pertanya-pertanyaan yang nanti akan dirumuskan oleh para panelis," tambahnya.

Adapun konsep karantina sendiri, kata August Mellaz, tidak akan jauh berbeda dengan Pemilu di periode sebelumnya.

Namun nama-nama tersebut nantinya akan dicantumkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU tentang nama-nama panelis debat sekaligus menandatangani pakta integritas.

BACA JUGA:Balas Sindirian Anies Baswedan, Prabowo Subianto: Kalau Ada Gagasan Tapi Mau Joget, Enggak Boleh?

"Mereka juga akan menandatangani pakta integritas karena inikan ada beberapa yang harus disepakati dan termasuk penetapan atau SK untuk moderator," jelas August Mellaz.

Selain itu, nantinya KPU juga akan menyegel langsung pertanyaan-pertanyaan yang sudah disusun oleh 11 panelis tanpa diketahui pihak manapun.

"Ada mekanismenya, nanti pertanyaan itu akan disegel terus nanti diserahkan ke moderator untuk disampaikan ke Paslon (pasangan calon), pasti akan bentuk indian semacam itu," jelas August Mellaz.

"Jadi kita enggak pernah tahu pertanyaan ya. Itulah kemudian panelis itu juga menandatangani pakta integritas, di sana untuk tidak membocorkan, untuk menjaga pertanyaan-pertanyaan itu," tandasnya.

BACA JUGA:Abuya Muhtadi Jadi Dewan Penasehat TPN Ganjar-Mahfud

Diketahui, KPU akan melangsung debat capres-cawapres tahap pertama di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa, 12 Desember 2023.

Tema yang diusung pada debat pertama, yaitu tentang pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, dan kerukunan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: