TikTok Kuasai 75 Persen Saham Tokopedia, Bayar Rp 23 Triliun

TikTok Kuasai 75 Persen Saham Tokopedia, Bayar Rp 23 Triliun

TikTok kuasai 75 persen saham Tokopedia, bayar Rp 23 triliun-Screenshoot/YouTube-

JAKARTA, DISWAY.ID - TikTok Shop resmi mengumumkan kembali ke Indonesia lewat kemitraan dengan PT Tokopedia (Tokopedia) dengan menyuntik dana sebesar 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 23,4 triliun. 

TikTok milik ByteDance mengumumkan investasi di perusahaan teknologi terbesar di Indonesia dalam kesepakatan untuk memulai kembali ke aplikasi belanja di pasar ritel online di Indonesia.

TikTok akan mengambil alih saham pengendali di unit e-commerce GoTo Gojek Tokopedia, sebuah kemitraan yang akan membuat TikTok menginvestasikan 1,5 miliar dolar dalam jangka panjang pada Senin, 11 Desember 2023.

BACA JUGA:Resmi! TikTok Shop Buka Lagi Mulai 12.12, Transaksi Lewat Tokopedia

BACA JUGA:Profil Hartono Bersaudara, Orang Terkaya Nomor 1 di Indonesia Berharta Rp 744 Triliun

Raksasa media sosial ini akan menggabungkan bisnis TikTok Shop di Indonesia dengan unit e-commerce GoTo, Tokopedia.

TikTok mendapat 75 persen saham dalam kombinasi tersebut, yang akan menjalankan fitur belanja aplikasi media sosial TikTok di Indonesia.

Dengan kesepakatan baru ini, pengguna TikTok di Indonesia dapat kembali berbelanja dan membayar pembelian mereka tanpa meninggalkan aplikasi video  populer tersebut

Dilansir Bloomberg, kesepakatan ini tidak biasa bagi ByteDance yang secara efektif mengambil alih pemain perdagangan online lokal terkemuka di pasar besar luar negeri.

Perjanjian tersebut dimana GoTo menjadi pendukung pasif operasi Tokopedia, memungkinkan ByteDance untuk memulai kembali bisnisnya di Indonesia dan mematuhi peraturan yang diberlakukan untuk menghentikan layanan ritel online ketika mereka mulai mendapatkan daya tarik terhadap Sea dan GoTo.

BACA JUGA:Bos Djarum Hartono Bersaudara Masih Terkaya di Indonesia Versi Forbes 2023, Kekayaan Rp744 Triliun

BACA JUGA:UOB Indonesia Berhasil Tambah 1 Juta Nasabah Usai Akuisisi Citibank

Imbasnya saham GoTo turun 13 persen di Jakarta karena investor menilai dampak TikTok menguasai bisnis e-commerce-nya.

Pemberi pinjaman digital terkemuka di Indonesia, Bank Jago, yang sahamnya dimiliki oleh GoTo, menguat sebesar 7,9 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: