Debat Capres Digelar Malam Ini, KPU Ingatkan Paslon Dilarang Membawa APK

Debat Capres Digelar Malam Ini, KPU Ingatkan Paslon Dilarang Membawa APK

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat konferensi pers soal format debat Pemilu 2024.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang tim pasangan calon (Paslon) presiden dan wakil presiden, membawa alat peraga kampanye (APK) saat debat perdana di Kantor KPU hari ini, Selasa 12 Desember 2023 pukul 19.00 WIB.

"Ada tata-tertib begini, pada saat debat berlangsung di dalam area debat sebagaimana kita ketahui di sini, pendukung tidak diperbolehkan atau tidak diperkenankan membawa bahan kampanye dan alat peraga kampanye," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari melalui keterangan resminya, Senin 11 Desember 2023.

BACA JUGA:Ribuan Personel Pengamanan dan Rekayasa Lalin Disiapkan Jelang Debat Capres

Meski begitu, KPU hanya memperbolehkan APK atau atribut kampanye yang melekat pada tubuh untuk masuk ke dalam lokasi debat capres/cawapres. 

Hasyim pun mengatakan KPU akan melakukan pemeriksaan agar tidak ada alat kampanye yang masuk.

"Satu-satunya yang boleh, kecuali atribut yang melekat di tubuh. Jadi pakaian lah, yang lain tidak diperbolehkan," ungkapnya.

BACA JUGA:Ribuan Personel Polisi Dikerahkan Jelang Debat Pemilu 2024

Hasyim mengatakan, setiap tim paslon capres/cawapres akan mendapatkan undangan debat yang diperuntukkan untuk 75 orang.

Undangan itu di luar calon presiden, calon wakil presiden, ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik pengusung.

"Jadi, yang dimaksud 75 itu di luar pasangan calon dan di luar ketua umum dan sekjen partai politik peserta Pemilu 2024," jelas Hasyim.

BACA JUGA:Terhalang Durasi, KPU Larang Panelis Berikan Pertanyaan Saat Debat Capres

KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Sementara itu, debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: