Siap-Siap, Ada Car Free Night di Malam Tahun Baru di Puncak, Polres Bogor Siapkan Rekayasa Lalulintas

Siap-Siap, Ada Car Free Night di Malam Tahun Baru di Puncak, Polres Bogor Siapkan Rekayasa Lalulintas

Ilustrasi pengaturan lalulintas di simpang Gadog, Bogor-NTMC-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Satlantas Polres Bogor menyiapkan rencana rekayasa lalulintas dengan malam tanpa kendaraan (car free night) di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat pada malam tahun baru, Minggu 31 Desember 2023.

Nantinya akan terdapat 4 titik penyekatan untuk, yaitu Simpang Gadog, Pasir Angin, Simpang Taman Safari, dan Rest Area Gunung Mas.

BACA JUGA:Korlantas Siapkan 3 Skema Rekayasa Lalu Lintas Atasi Kemacetan di Libur Nataru

"Terkait kesiapan pengamanan malam pergantian tahun itu memang disepakati pada saat rakor lintas sektoral tingkat Kabupaten Bogor baik itu dengan SKPD, Polri, TNI dan dinas terkait bahwa tanggal 31 Desember sampai 1 Januari 2024 itu akan diterapkan malam tanpa kendaraan atau lebih trennya car free night," ujar KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto dalam keterangannya, Rabu 20 Desember 2023.

Ardian menjelaskan, teknis malam tanpa kendaraan itu dimulai sekira pukul 18.00 WIB pada 31 Desember 2023, dengan pengalihan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak dari Tol Ciawi.

BACA JUGA:Ribuan Personel Pengamanan dan Rekayasa Lalin Disiapkan Jelang Debat Capres

"Kendaraan dari Jakarta yang akan wisata Puncak kita alihkan ke Ciawi atau Bocimi. Kemudian kami biarkan dulu untuk kendaraan kendaraan berada di sepanjang Jalur Puncak dari Gadog sampai perbatasan (Cianjur) masih bisa beroperasi mengingat masih aktivitas masyarakat," jelasnya.

Adrian juga menuturkan, pada pukul 21.00 WIB, petugas mulai melakukan penyekatan kendaraan baik motor maupun mobil yang akan menuju Puncak. 

"Kendaraan dari bawah (Jakarta) itu akan diputarbalikkan kembali ke asal atau ke arah ke bawah. Jadi tidak diperkenankan ke atas (Puncak) dan kami juga sudah berkoordinasi dengan Polres Cianjur untuk melakukan yang sama dengan malam tanpa kendaraan. Sehingga dari Polres Cianjur itu penyekatan dari Cianjur menuju Puncak, dari Bogor menyekat dari Jakarta menuju Cianjur," ungkapnya.

BACA JUGA:Ada Aksi Reuni 212, Polisi Lakukan Rekayasa Lalin di Sekitar Monas

Malam tanpa kendaraan itu sedianya dilakukan hingga pukul 02.00 WIB pada 1 Januari 2024. Selanjutnya, penyekatan dibuka petugas dan akan dilakukan prioritas arus tergantung kondisi lalu lintas.

"Nanti penyekatan akan dibuka dan kita akan melihat apakah dibuka itu traffic yang kami sekat tadi apakah dominan yang mana,” lanjutnya. 

“Kita akan melaksanakan prioritas sehingga pengalihan arus tadi masih kami pertahankan masih kita clearkan kendaraan menuju Puncak lalu kita prioritas ke bawah atau oneway ke bawah baru nanti pukul 06.00 WIB itu arus kendaraan yang akan ke Puncak akan kita buka tetapi tetap masih situasional tergantung kondisi," tuturnya.

BACA JUGA:Jembatan Tol Kaligawe Banjir, Polisi Rekayasa Lalu Lintas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: