Jadi Kota Hijau, Jokowi Sebut Tinggal di IKN Bisa Terhindar dari Penyakit Jantung dan Stroke

 Jadi Kota Hijau, Jokowi Sebut Tinggal di IKN Bisa Terhindar dari Penyakit Jantung dan Stroke

Proyeksi tampilan fasad burung garuda di Istana Kepresidenan IKN Nusantara. fasad garuda disusun oleh lebih dari 4 ribuan bilah-Kemenparekraf-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi kota hijau dengan kaya oksigen, sehingga orang yang tinggal di sana semestinya jauh dari penyakit stroke maupun jantung.

"Kalau kita melihat kehijauan di sini oksigennya banyak, mestinya pikirannya senang, (sakit) strokenya menjauh, menurut saya (sakit) jantungnya juga menjauh," ujar Jokowi dalam sambutannya di acara peletakan batu pertama (groundbreaking) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di IKN, Kalimantan Timur, Rabu 20 Desember 2023 kemarin.

BACA JUGA:Letakkan Batu Pertama Pembangunan RSUP IKN, Jokowi: 'Jangan Ada Lagi Warga Indonesia Berobat Ke Luar Negeri'

RSUP di IKN, kata Jokowi, akan berkonsentrasi pada pelayanan untuk pasien penderita stroke dan sakit jantung. 

RS tersebut menjadi rumah sakit keempat di IKN yang pembangunannya telah diresmikan Presiden Jokowi.

Sejak awal, lanjut Jokowi, pembangunan IKN dirancang sebagai kota hijau dengan gedung-gedung yang selaras lingkungan. Pemerintah juga akan melakukan penghutanan kembali di IKN.

Selain itu, Pemerintah bakal membuat aturan bahwa hanya kendaraan listrik yang boleh beroperasi di IKN.

BACA JUGA:Total Investasi Pembangunan IKN Senilai Rp 41,4 Triliun

"Sekali lagi, agar kawasan yang ada di Ibu Kota Nusantara ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau, yang di negara mana pun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau (Ibu Kota) Nusantara ini," tukas Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk memulai pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di kawasan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu 20 Desember 2023.

Rumah sakit tersebut nantinya akan menjadi rumah sakit keempat yang pembangunannya resmi dimulai, di Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA:Anies Mau ke IKN? Timnas AMIN: Nanti Kita Lihat...

"Sudah mulai dibangun tiga rumah sakit swasta, yang kami groundbreaking bulan yang lalu, dua bulan yang lalu, dan tiga bulan yang lalu, ada tiga," kata Jokowi dalam acara peletakan batu pertama RSUP di IKN, Kalimantan Timur, Rabu 20 Desember 2023.

Jokowi juga menyampaikan bahwa setelah pembangunan RSUP, ada tiga rumah sakit swasta lainnya yang sudah menunggu giliran untuk dimulai pembangunannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: