Atasi Sampah Perayaan Malam Tahun Baru di DKI Jakarta, 3 Ribu Petugas Dikerahkan

Atasi Sampah Perayaan Malam Tahun Baru di DKI Jakarta, 3 Ribu Petugas Dikerahkan

Suasana Malam Muda Mudi di Jakarta dalam momen perayaan tahun baru 2024 di sejumlah titik di sepanjang Jalan Sudirman sampai dengan MH Thamrin, Minggu, 31 Desember 2023-Disparekraf DKI Jakarta -

JAKARTA, DISWAY.ID - Perayaan tahun baru lewat acara Malam Muda Mudi DKI Jakarta dihadiri ratusan ribu orang. 

Acara besar pergantian tahun 2024 itu menyisakkan ratusan ton sampah yang dihasilkan pengunjung dari berbagai daerah. 

BACA JUGA:Malam Tahun Baru Gempa M4.8 Guncang Sumedang, Netizen: Gede Banget!

BACA JUGA:Malam Tahun Baru di Jakarta, Ini Tempat Parkir Motor dan Stasiun MRT Terdekat

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat total sampah yang dihasilkan selama malam tahun baru 2024 mencapai 130 ton.

"Jumlah ini merupakan jumlah terbesar setelah melewati masa pandemi. Tahun lalu sebanyak 74 ton. Sedangkan sebelum pandemi, pada pergantian tahun 2019 ke 2020 sampah mencapai 125 ton. Tadi malam sampah mencapai 130 ton dari seluruh Jakarta dan khusus dari sepanjang jalan Sudirman-Thamrin terkumpul 32 ton sampah," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto dalam keterangan tertulis, Senin 1 Januari 2024. 

Asep menambahkan, untuk mengatasi sampah itu, pihaknya menerjunkan 3.180 petugas DLH yang disebar di sejumlah titik perayaan tahun baru di Ibu Kota. Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sebelumnya menargetkan sampah-sampah tersebut harus selesai ditangani pukul 04.00 WIB atau sebelum subuh pada 1 Januari 2024.

BACA JUGA:Polda Jawa Tengah Perkirakan Arus Balik Nataru 2023/2024 tak Setinggi Lebaran

"Kami menerjunkan 3.180 petugas untuk menjaga kebersihan di lokasi-lokasi perayaan tahun baru di Jakarta. Petugas kebersihan dibagi menjadi 4 shift tanpa henti," jelasnya.

Atas kerja keras timnya dan pihak terkait, ia mengapresiasi kerja keras petugas kebersihan selama acara Malam Muda Mudi yang tanggap memunguti sampah di titik keramaian. 

Seluruh sampah itu dikumpulkan dan diangkut untuk diolah di TPS 3R.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan DLH. PPSU, Para petugas Satpol PP, Dishub, Distamhut, semua bahu-membahu untuk membuat Jakarta kinclong lagi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: